Hits: 49

Azka Luthfiah Khalda / Tahara Amelia Pratiwi

Pijar, Medan. Hampir di setiap sudut Kota Medan sudah dibanjiri oleh berbagai jenis tempat nongkrong, terkhususnya kafe. Berbagai macam konsep berbeda yang disuguhkan dari setiap kafe membuatnya terkenal hingga viral di berbagai platform media sosial. Salah satu kafe yang menarik perhatian warga Kota Medan karena suguhan konsep unik dan menariknya, yaitu Ailan Cafe.

Dibuka sejak tahun 2019, Ailan Cafe mengangkat konsep gaya modern dengan tampilan minimalis dan berlokasi di Jalan Iskandar Muda No.39 E.

Istilah “kafe kecil-kecil cabe rawit” mungkin cocok untuk Ailan Cafe ini. Pasalnya, kafe ini memiliki ukuran yang kecil dan terletak sedikit tersembunyi di antara ruko-ruko lain. Terlepas dari itu, Ailan memiliki banyak menu halal dan wajib untuk dicoba para pecinta kuliner di Kota Medan.

Ailan menyediakan berbagai pilihan menu menarik, mulai dari main menu, toast, hingga milk tea. Tidak hanya itu, Ailan juga menghadirkan Japanese Cuisines, seperti ramen dan ricebowl. Tidak lupa juga beberapa pilihan menu cream pasta untuk para penggemar pasta.

Seperti kafe pada umumnya, Ailan juga memiliki menu best seller atau menu yang paling disukai oleh para pengunjung setia Ailan, seperti Chicken Buttermilk with Rice dan Crème Brulee with Fresh Milk. Menu inilah yang menjadi daya tarik utama sekaligus salah satu destinasi kuliner yang sering dicari dan dinantikan oleh para pengunjung.

Ailan: Kafe Intim dengan Gaya Minimalis - www.mediapijar.com
Chicken buttermilk with rice, salah satu menu best seller Ailan.
(Fotografer: Tahara Amelia Pratiwi)

Ailan memiliki jam operasional dari hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 11:30 – 21:30 WIB. Namun, Ailan sempat mengalami penutupan di tahun 2020 saat Covid-19 melanda. Hal ini dijelaskan Nikke, salah satu pegawai Ailan Cafe.

“Dulu, di waktu Covid-19 sempat tutup, tetapi hanya sebulan. Kemudian kembali dibuka, tetapi dengan sistem online saja,” ujar Nikke. “Dan kalau jam yang ramai pengunjung itu biasanya di jam makan siang banyak orang kantoran ke sini. Kalau di waktu sore biasanya anak muda atau anak sekolahan yang ramai ke sini,” sambungnya.

Kafe ini hanya berada di satu lantai ruko. Walaupun demikian, Ailan memiliki dua tempat dine-in, yakni indoor dan smoking area. Desain interior dari indoor kafe yang berkonsep warna warm white to yellow dan berdekorasi cermin aesthetic, membuat kafe satu ini terasa nyaman dan cocok untuk nongkrong intim dengan teman ataupun pasangan. Terlebih lagi, suguhan alunan musik-musik santai cukup membangun suasana di dalam kafe ini, sehingga cocok untuk makan siang sambil belajar ataupun membaca buku.

 Ailan: Kafe Intim dengan Gaya Minimalis - www.mediapijar.com
Ambience indoor Ailan.
(Fotografer: Tahara Amelia Pratiwi)

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba menu di Ailan tetapi tidak bisa datang langsung, Ailan menyediakan kemudahan untuk pesanan secara online melalui aplikasi ojek online, lho! Hal ini memberikan kesempatan bagi semua orang untuk menikmati menu best seller yang ditawarkan oleh Ailan Cafe tanpa harus datang langsung ke tempat.

 

(Redaktur Tulisan: Alya Amanda)

Leave a comment