Hits: 42

Tahara Amelia Pratiwi / Tiara Al Medina

Pijar, Medan. Hasil olahan ubi jalar biasanya sering dijadikan gorengan dengan balutan tepung ataupun kolak yang dipadukan dengan santan dan gula merah. Namun, siapa sangka jika ubi jalar ternyata juga dapat diolah menjadi salah satu jajanan kekinian? Yap, bola ubi namanya. Makanan yang semulanya jajanan tradisional khas Bandung ini sekarang tengah naik daun dan banyak mengundang perhatian warganet.

Dinamakan bola ubi karena bentuknya yang bulat rapi seperti bola. Ciri khas jajanan ini adalah sajiannya yang kopong dan tidak memiliki isian apapun. Seiring berkembangnya zaman dan ilmu kekulineran, kini bola ubi banyak dikreasikan menjadi bermacam varian mulai dari isian gula merah, cokelat hingga isian keju.

Walaupun memiliki banyak variasi sajian, langkah-langkah dasar untuk membuat bola ubi semuanya relatif sama. Bola ubi terbuat dari campuran ubi jalar kukus, baik ubi jalar kuning maupun ubi jalar ungu, gula yang sudah dihaluskan, dan tepung tapioka. Kemudian, adonan bola ubi ini diaduk dan dipipihkan yang dibentuk menjadi bola berukuran kecil untuk digoreng.

Keunikan bola ubi juga tampak pada saat penggorengan. Bola ubi akan diaduk sambil ditekan-tekan dengan tujuan agar dia mengembang. Bola ubi juga digoreng dengan minyak kelapa asli sehingga memiliki rasa dan aroma khas tersendiri. Dalam penyajiannya, bola ubi juga dapat diberikan tambahan topping gula salju, taburan milo, meses, cokelat lumer, parutan keju, dan masih banyak lagi.

Tekstur yang diberikan bola ubi kepada penikmatnya adalah renyah di luar, tetapi lembut, kenyal, dan manis di dalam. Selain mempunyai beragam varian rasa sesuai dengan selera masing-masing, harga bola ubi bisa dibilang cukup terjangkau. Untuk dapat mencicipi kuliner satu ini kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp10.000 hingga Rp20.000 saja.

Bagi kamu warga Medan yang ingin ikut mencicipi kuliner ini juga tak perlu khawatir, karena bola ubi dapat kamu nikmati tanpa harus pergi jauh-jauh ke Bandung. Kamu dapat membelinya di Jalan H. Misbah Medan, tepatnya di Kompleks Multatuli Blok AA No. 36. Kamu juga dapat memesan bola ubi via aplikasi ojek makanan online dengan nama outlet Ayam Geprek Badace.

Selan itu, kamu dapat membuat kreasi bola ubi sendiri di rumah dengan mengikuti resep sederhana dari internet maupun video tutorial memasak. Selamat mencoba!

(Redaktur Tulisan: Naomi Adisty)

Leave a comment