Hits: 39

Arya Duta

Pijar, Medan. Siapa yang tidak suka pisang goreng? Hampir semua orang menyukai kudapan khas Indonesia ini. Di sisi lain, pisang goreng yang mempesona dan klasik memiliki ragam cara penyajian. Tidak hanya digoreng, olahan pisang sekarang dapat disajikan dengan balutan tepung tipis atau tebal, diberi kremesan, disantap dengan es krim, hingga dibaluri gula cair (caramel) yang menimbulkan sensasi unik saat dimakan. Sajian tersebut dikenal dengan nama Pisang Goreng Panas Dingin.

Tak dapat dipungkiri bahwa daya tarik utama pisang goreng panas dingin ini terletak pada kombinasi dari permainan suhunya. Pisang goreng panas yang baru diangkat dari wajan penggorengan dengan tepung garing, dibalur dengan gula cair yang menyatu dan dipadukan dengan sensasi dingin dari es krim. Perbedaan suhu ini menciptakan rasa unik sehingga memberikan pengalaman bagi lidah untuk mengeksplorasi perpaduan rasa yang berbeda.

Selain berbicara soal suhu, bahan-bahan yang digunakan untuk pisang goreng ini juga memiliki peran penting. Pisang yang dipilih harus matang secara sempurna sehingga rasa manis alami dapat menyatu dengan lapisan tepung yang garing di luar. Proses penggorengan yang tepat juga memberikan kesan gurih yang mampu menggoda selera.

Peran es krim pun tidak bisa diabaikan. Es krim yang disajikan tidak hanya menjadi pendamping, tetapi juga penyeimbang rasa. Umumnya, es krim rasa vanilla menjadi pilihan utama dalam hidangan ini untuk menambah rasa creamy saat disantap.

Tidak hanya bercerita soal rasa, tetapi juga estetika melalui cara penyajiannya yang juga terbilang unik dan spesial. Pisang goreng ditempatkan di piring bundar berwarna hitam dari batu. Di samping pisang goreng, ditambahkan air dingin berisi sedikit es batu dalam mangkuk kecil untuk menetralkan suhu di piring batu tersebut.

Pisang goreng ini memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan pisang goreng biasa. Perbedaan tampilannya bisa dilihat dari bahan yang melapisi kuliner ini. Jadi, setelah digoreng dengan tepung, pisang kemudian dibaluri dengan gula cair sehingga menghasilkan pisang goreng yang caramelized.

Sajian ini bisa disantap dengan mencelupkan pisang gorengnya ke dalam mangkuk air es terlebih dahulu. Hal ini berfungsi agar air gula yang menyelimuti pisang tidak lengket di mulut. Lalu, pisang goreng tersebut dicocol es krim sehingga menciptakan kombinasi rasa. Perpaduan manis, lembut, sedikit crispy, hangat, dan dingin di lidah menggugah selera di setiap suapannya.

Dengan begitu, Pisang Goreng Panas Dingin bukan hanya sekadar makanan biasa, melainkan sebuah inovasi baru dari sajian kuliner Nusantara yang memadukan rasa, tekstur, dan estetika dalam satu hidangan.

Buat yang penasaran dan mau mencoba pisang goreng ini, bisa mengunjungi restoran Bali Timbungan di Jakarta atau restoran Bebek Timbungan di Bali.

 

(Redaktur Tulisan: Rani Sakraloi)

Leave a comment