Hits: 20

Maureen Christy Nauli Simanjuntak / Farah Asy-syifa

Pijar, Medan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi membuka kembali salah satu program dari MBKM, yaitu Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang kini telah memasuki batch 6. Pembukaan pendaftaran MSIB ini telah dibuka dari 19 Oktober-27 Desember 2023.

MSIB merupakan bagian dari program unggulan Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mencari pengalaman di dunia nyata. Program ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antara ketersediaan SDM yang berkualitas dengan kebutuhan industri.

Diselenggarakan sejak 2021, program MSIB selalu mengalami perubahan dalam jumlah kuotanya yang semakin naik hingga angkatan yang ke-6 kali ini dengan 1.200 lebih mitra yang telah terdaftar. Terdapat beberapa pilihan mitra baik dari sebagai mitra dagang maupun studi independen bersertifikat.

Adapun sektor instansi atau perusahaan yang dapat dipilih nantinya yaitu, Government & Public Sector Service, Banking & Finance, Energy & Telco, Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) & Manufacturing, Retail & E-Commerce, Media & Start Up, serta Consulting dan Academic.

Terdapat empat syarat penting yang harus diperhatikan dalam pendaftaran program MSIB yaitu berasal dari PTN/PTS yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek baik itu D2, D3, D4 maupun S1. Untuk minimal semester bagi mahasiswa yang ingin mendaftar adalah minimal semester dua bagi mahasiswa vokasi yaitu D2-D4 dan minimal semester empat bagi mahasiswa S1.  Kemudian mahasiswa harus mengisi situs https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id. Dan yang terakhir, pastinya harus memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan oleh mitra.

MSIB Batch 6 - www.mediapijar.com
Pemaparan Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa oleh Risza Putri Elburdah.
(Sumber foto: Dokumentasi Pribadi (Farah Asy-syifa))

Berbeda dengan angkatan sebelumnya, Program MSIB batch ke-6 ini memiliki beberapa perubahan. Apabila pada batch sebelumnya pengumpulan Surat Rekomendasi (SR) dan Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPJTM) secara dokumen, pada batch kali ini dilaksanakan secara digital.

Kemudian, untuk proses verifikasi dan validasi berkas, jika pada batch sebelumnya verifikasi dan validasinya dilakukan oleh tim Kampus Merdeka, maka di MSIB batch 6 ini proses verifikasi dan validasinya dilakukan oleh tim Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan MSIB.

MSIB Batch 6 - www.mediapijar.com
Pemaparan Persyaratan Dokumen.
(Sumber foto: Dokumentasi Pribadi (Farah Asy-syifa))

Sebagai penutup, Ayu Sagira selaku narasumber pada Sosialisasi Program MSIB batch 6 yang diadakan secara live streaming pada 29 Oktober lalu menginformasikan untuk mengakses informasi lebih lanjut di sosial media MSIB, baik LinkedIn, Instagram maupun YouTube resmi mereka.

“Di sini biasanya kami update terkait sosialisasi ataupun pembukaan pendaftaran, pengisian terkait dokumen. Buat teman-teman yang pingin mendapatkan tips and trick supaya bisa diterima di mitra, biasanya kami selalu membuka sharing session untuk mendapatkan interview ataupun cara untuk bisa membuat CV yang menarik,” ujarnya.

 

(Redaktur Tulisan: Alya Amanda)

Leave a comment