Hits: 21

Husna Nabila Pulungan

Pijar, Medan. “Jiwa Yang Bersedih” yang dirilis pada 19 Mei 2023 menceritakan tentang seseorang yang mengalami kesedihan mendalam hingga lelah dalam menjalani kehidupannya. Lagu ini memiliki makna yang menyentuh bagi para pendengarnya karena lirik yang relate dengan pengalaman kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut menarik perhatian netizen yang seringkali menggunakan “Jiwa Yang Bersedih” dalam unggahan mereka. Lagu ini hadir untuk memberikan semangat kepada mereka yang sedang melalui fase lelah. Viral di platform media sosial TikTok, video musiknya sempat ditonton sebanyak 48 juta kali dan berhasil menempati posisi puncak sebagai video musik yang paling populer di YouTube Music.

Ghea Indrawari mengajak para pendengarnya untuk memberikan perhatian dan waktu sejenak kepada mereka yang tengah menghadapi kesulitan. Tantangan tersebut mungkin beragam, termasuk masalah cinta, karier, atau permasalahan hidup lainnya.

Kemarilah

Singgah dulu sebentar

Perjalananmu jauh

Tak ada tempat berteduh

Menangislah

Kan kau juga manusia

Mana ada yang bisa

Berlarut – larut

berpura – pura sempurna

Dalam liriknya, ia mengungkapkan bahwa mengambil istirahat sebentar bukanlah suatu masalah untuk melalui perjalanan hidup yang panjang. Ghea memvalidasi setiap individu, termasuk mereka yang merasa sendirian dan terluka, bahwa mereka berhak untuk merasakan kesedihan dan mengekspresikan emosinya.

Ghea menulis “Jiwa Yang Bersedih” pada saat dia mengalami keadaan yang sulit, saat ia merasa patah dan jatuh dalam kehidupannya. Ia juga mengajak para pendengarnya untuk memberikan dukungan dan perhatian kepada mereka yang merasa sedih, dengan harapan bisa menjadi tempat untuk berbagi beban dan penderitaan, serta membantu menyembuhkan luka-luka mereka.

Sampaikan pada jiwa yang bersedih

Begitu dingin dunia yang kau huni

Jika tak ada tempatmu kembali

Bawa lukamu biar aku obati

Tidakkah letih kakimu berlari

Ada hal yang tak mereka mengerti

Beri waktu tuk bersandar sebentar

Selama ini kau hebat

Hanya kau tak didengar

Menangis bukanlah sebuah masalah, kita tidak perlu terus-terusan berpura-pura kuat. Melalui karyanya, Ghea memberikan semangat kepada mereka yang mungkin sedang menghadapi masa sulit. Bagi setiap jiwa yang sedang merasakan kesedihan, tidak ada masalah untuk meluangkan waktu, berhenti sejenak, dan menyembuhkan setiap luka.

Kolom komentar YouTube dalam single Ghea terbaru ini dipenuhi tanggapan positif dari pendengarnya. Mereka berkata bahwa lagu ini sangat sesuai untuk menyemangati mereka di kala mereka sedang merasa terpuruk.

“Lagu ini pas banget untuk aku yang baru sembuh dari depresi, lepas dari psikiater dan psikolog, yang hampir mengakhiri hidup. Memang ketika berkaca dan berkata kepada diri, selama ini aku hebat. Hanya saja aku tak di dengar. Semangat sembuh untuk semua yang sedang terkena sakit mental. Kita hebat,” ujar salah satu penonton dalam kolom komentar video musik “Jiwa Yang Bersedih”.

Pesan yang ingin disampaikan dari “Jiwa Yang Bersedih” bisa menyelamatkan orang-orang yang hampir menyerah dalam hidupnya. Semoga dalam keadaan apa pun kita kelak tetap bisa menyelamatkan diri kita sendiri. Tidak apa untuk berhenti sejenak, karena hal yang paling penting adalah memvalidasi perasaan kita untuk melanjutkan perjalanan yang lebih baik!

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

Leave a comment