Hits: 32

Angelika Leticia Kaban / Sinta Wulandari

Pijar, Medan. Setiap manusia yang hidup di dunia ini patut mendapat perhatian kita, tak terkecuali mereka yang mengidap down syndrome. Keberadaan mereka sering kali dinomorduakan. Bahkan, stigma negatif masyarakat terhadap anak down syndrome masih melekat pada mereka. Melalui lagu “Autumn” dan “Sandy”, grup musik Math-Rock asal Samarinda, Murphy Radio ingin bercerita tentang anak down syndrome yang juga memiliki keistimewaan dan punya banyak kebahagiaan.

Lagu ini rilis pada tanggal 21 Maret 2020 melalui kanal YouTube mereka dalam bentuk video klip. Perilisan lagu ini dilakukan bersamaan dengan Hari Down Syndrome Sedunia yang dikemas dengan musik ceria dan penuh semangat sebagai representasi dari orang-orang penyandang down syndrome.

Lagu ini sejalan dengan pesan yang ingin mereka sampaikan, bahwa anak-anak dengan down syndrome juga mampu melakukan hal yang sama. Bahkan mereka bisa melakukan hal yang lebih karena mereka memiliki cerita dan warna mereka sendiri. Mereka dapat melihat sesuatu yang tidak kita lihat. Mereka dapat mendengar sesuatu yang tidak kita dengar.

You may be smart and I may be not
But don’t you realize?
That I see what you can’t see
You may be fast and I may be not
But don’t you realize?
That I hear what you can not hear

Dalam pembuatan video klipnya, mereka menjadikan seorang penyandang down syndrome menjadi tokoh utama yang bernama Sandy. Pembuatan video klip tersebut bekerja sama dengan Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Samarinda. Murphy Radio melibatkan murid-murid SLBN dalam menunjukkan aktivitas mereka sehari-hari.

Dilansir dari kumparan.com, Murphy Radio mengungkapkan bahwa mereka mengalami kesulitan dalam mewujudkan keinginan mereka dalam proses pembuatan video klip.

“Awalnya kami sangat kesulitan dalam mewujudkan ide kami dalam video ini. Sampai kami dipertemukan dengan salah satu senior dalam skena musik Samarinda, Yadhie Jombank, yang kebetulan bekerja di SLB tersebut. Lalu, kami dibantu untuk bertemu dengan pihak sekolah untuk menyampaikan konsep dan meminta izin. Di luar ekspektasi, ternyata kepala sekolah beserta seluruh staf menerima dan mendukung penuh kami untuk membuat video di sana,” ungkap salah satu personil Murphy Radio.

“Autumn” dan “Sandy” merupakan lagu dari Murphy Radio yang memiliki begitu banyak pesan yang tersimpan. Murphy Radio mencoba untuk mengubah pandangan masyarakat mengenai orang-orang dengan pengidap down syndrome.

Perpaduan antara aransemen musik, lirik, hingga konsep dari video klip ini berhasil dipadukan dengan begitu baik. Lagu ini mampu membuka pikiran dan pandangan kita bahwa anak-anak down syndrome juga memiliki kemampuan dan kebahagiaan. Mereka juga bisa melakukan aktivitas layaknya kita menjalankan keseharian kita.

 

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

Leave a comment