Hits: 4977

Hana Anggie Sachari Pasaribu

Pijar, Medan. Tren tempat makan bernuansa bambu rasanya tak pernah mati. Selain terlihat estetik, suasananya yang asri seperti berada di pedesaan juga menjadi incaran para pengunjung. Salah satunya Kampung Kecil, yang baru-baru ini viral di TikTok dan Instagram. Kampung Kecil sendiri merupakan sebuah restoran yang beralamat di Jl. Ngumban Surbakti, Sempakata, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatra Utara.

Penamaan Kampung Kecil merupakan ide kreatif dari sang pemilik. “Ini namanya berawal dari Warung Kito. Habis itu, owner lain mencari-cari nama yang lain, akhirnya ketemulah Kampung Kecil. Soalnya kita ada tiga nama, yang pertama Warung Kito, Kampung Kecil, Saoenk Kito, gitu,” jelas Praja, Supervisor Kampung Kecil.

Sejalan dengan namanya, setiap tempat di restoran ini juga diberi label yang unik, sehingga mirip dengan kawasan perkampungan. Ada Warung Bayar, Gg. Selfie 1, Gg Selfie 2, Jl. Bersama Kita Sampai Tua, Rt. 12, dan masih banyak lagi. Tempat duduknya pun ditata sedemikian rupa, seperti gazebo atau pondok-pondok kecil. Selain itu, ada pula pemandangan berupa kolam renang yang terletak di tengah-tengah restoran.

Keunikan lain dari restoran ini terletak pada desain utamanya yang terbuat dari bambu. “Ya terutama sih karena desainnya dari bambu, gitu. Kalau di Medan kan baru ini makanan desain bambu yang cukup banyak. Yang lain rata-rata palingan berapa persen lah ya. Kalau ini kan hampir 100% desainnya bambu semua,” ungkap Praja.

Kampung Kecil beroperasi setiap harinya, dari pukul 10.00—22.00 WIB. Sejak awal dibuka hingga sekarang, Kampung Kecil selalu ramai pengunjung. Jika ingin makan di sini, maka kamu harus bersedia mengantri. Sebab, mulai pukul 11.00 WIB, para pengunjung sudah ramai berdatangan dan memenuhi tempat duduk yang tersedia, sehingga diterapkanlah sistem waiting list.

Dari waiting list, kamu akan diarahkan ke tempat duduk yang telah ditentukan. Kemudian, kamu bisa memilih menu dan membayarnya terlebih dahulu di meja kasir. Sembari menunggu pesanannya datang, kamu bisa kembali ke tempat duduk atau mengabadikan momen terlebih dahulu. Praja mengatakan bahwa yang biasanya menjadi spot foto favorit berada di daerah Gg. Selfie 1, Gg. Selfi 2, dan photo booth dengan tulisan Kampung Kecil yang terletak di sudut kiri bagian belakang restoran.

Kampung Kecil, Restoran dengan Konsep Perkampungan - www.mediapijar.com
Gg. Selfie 1, salah satu spot foto favorit di Kampung Kecil.
(Fotografer: Nailah Yudi Permata)

Dengan kisaran harga Rp5.000—Rp25.000 untuk minuman dan Rp7.000—Rp275.000 untuk makanan, restoran ini cocok untuk kamu datangi bersama keluarga. Menu yang ditawarkan pun beragam, mulai dari camilan seperti tempe mendoan, bakwan jagung, dan tahu sumedang, sampai makanan berat seperti gurame cobek mertua, ayam bakar madu, dan pindang iga. Kamu juga bisa memilih ingin disajikan per porsi atau per paket. Pilihan per porsi cocok untuk dimakan bersama, sementara pilihan per paket akan pas bila dimakan sendiri.

Saking banyaknya pilihan, kamu mungkin akan bimbang saat memesan. Namun, tak perlu khawatir, karena pada menu sudah diberi tanda pada makanan dan minuman favorit.

Jika masih sulit memilih, kamu boleh mencoba menu andalan Kampung Kecil, yaitu Ayam Kampung Kecil yang dibanderol sebesar Rp33.000 per paket dan Rp110.000 per porsi, serta es teler yang dibanderol sebesar Rp23.000.

Kampung Kecil berpusat di Jakarta, dan perdana buka di Medan pada 20 Februari 2023 lalu. Tempatnya yang belum lama hadir banyak mengundang rasa penasaran dari masyarakat, sehingga tertarik untuk datang kemari. Untuk daerah Pulau Sumatra, selain di Medan, kamu juga bisa mengunjungi restoran ini di Pekan Baru, Palembang, Bengkulu, Jambi, dan Lampung.

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

 

 

Leave a comment