Hits: 2316

Dicky Wahyudi

Pijar, Medan. Film animasi berjudul Coco yang rilis pada 2017 lalu sampai saat ini masih menyisakan kenangan bagi yang menontonnya. Film ini mengandung pesan yang menyentuh melalui lagu yang amat sangat berkesan di salah satu adegannya.

Miguel merupakan tokoh utama di film Coco. Ia dilarang keluarganya untuk bermain musik, sementara dia memiliki keinginan untuk menjadi seperti idolanya, Ernesto de la Cruz yang dia sangka merupakan kakek buyutnya.

Setiap tahun, kota fiksi bernama Santa Cecilia di Meksiko mengadakan sebuah perayaan untuk mengenang para arwah leluhur yang telah meninggal dunia, Dia de Los Muertos. Dalam perayaan tersebut, mereka berkumpul di alun-alun kota untuk memasang lilin di depan foto para anggota keluarga atau idola mereka.

Lilin-lilin yang dipasang akan berpengaruh kepada para arwah yang telah tiada. Bagi mereka yang masih dikenang maka mereka akan seperti hidup kembali, sementara bagi arwah yang tidak dikenang oleh siapa pun di dunia asli maka mereka akan diasingkan di dunia kematian atau Land of The Death.

Miguel yang putus asa karena larangan dari keluarganya terhadap bakat bermusiknya membuatnya tak sengaja terjebak ke dunia kematian. Di alam tersebut dia akan berpetualang dan mencari jawaban tentang rahasia musik keluarganya.

Untuk dapat kembali ke dunia asli, Miguel berpetualang bersama dengan Hector, seorang yang terlupakan di alam arwah karena keluarganya tidak pernah memasang fotonya. Miguel juga berusaha untuk mendapatkan berkat dari keluarganya dan ia berpikir untuk memintanya dari Ernesto de la Cruz.

Miguel dan Hector melalui berbagai petualangan dengan musik yang menyenangkan. Berbagai perasaan senang, sedih, dan lucu mereka lalui dalam kebersamaan tersebut. Mereka saling membuka diri satu sama lain dan akhirnya mengungkap rahasia keluarga Miguel.

“Remember Me” merupakan salah satu dari beberapa lagu yang ada dalam film Coco. Lagu ini dikisahkan sebagai lagu yang diciptakan oleh Hector untuk putrinya, Coco. “Remember Me” sarat akan emosional dan perasaan haru, terutama ketika adegan lagu ini disertai dengan momen kilas balik antara Hector dan Coco kecil.

Remember me

(Ingat aku)

Though I have to say goodbye

(Meskipun harus berpisah)

Remember me

(Ingat aku)

Don’t let it make you cry

(Jangan biarkan itu membuatmu menangis)

Lagu ini memiliki peran penting bagi Miguel dan keluarganya. Di mana melalui lagu ini, Mama Coco akhirnya bangkit dari diam dan melepas kerinduan kepada sang ayah yang telah lama meninggalkannya.

Miguel yang menyanyikan lagu ini kepada Mama Coco berhasil membuatnya tersenyum kembali di masa tuanya. “Remember Me” juga berhasil membuat Hector dikenang oleh keluarganya dan tidak diasingkan lagi di dunia kematian.

 “Remember Me” memiliki lirik yang sangat menyentuh dan makna yang dalam meskipun terkesan sederhana. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang ingin diingat dalam keadaan seperti apa pun. Lagu ini juga menjadi perantara dalam menahan kerinduan yang dimiliki serta mengajarkan untuk tetap setia walau terpisah.

Sebuah kenangan terhadap seseorang bisa dirasakan melalui aksi tulus yang tertuang di dalam lagu ini. Lagu “Remember Me” ialah sebuah karya yang dikenang untuk mengenang. Ketika mendengar suara gitar sedih maka teruslah mengingat orang yang disayang meskipun harus berpisah. Sangat romantis, kan?

(Redaktur Tulisan: Rani Sakraloi)

Leave a comment