Hits: 573

Claresa Windy Thiara Br Tarigan

Pijar, Medan. Waktu mungkin menjadi musuh utama setiap orang tua. Bagaimana tidak, tanpa mereka sadari waktu berlalu begitu cepat dan rasa kehilangan masa-masa berharga bersama buah hati mereka semakin jelas tergambar. Mungkin itulah yang coba digambarkan oleh lagu “Slipping Through My Fingers”.

Diluncurkan pertama kali pada tahun 1981, lagu oleh ABBA ini kembali ramai didengarkan oleh warganet seusai viral di TikTok.

Judulnya sendiri sudah memiliki makna yang dalam, yaitu terlepas dari genggaman. Grup band asal Swedia ini berusaha menarasikan bahwa apapun yang kita genggam, akan terlepas dari jemari kita seiring dengan berjalannya waktu. Genggaman yang mengarah ke bagaimana orang tua harus melepas para buah hatinya karena sudah beranjak dewasa dan memiliki kehidupan sendiri yang sama sekali tidak dapat mereka masuki.

Perasaan seorang ibu yang melihat anaknya perempuannya yang sudah beranjak dewasa tertuang dalam penggalan liriknya. Memori-memori yang dirasakan sang ibu pada tumbuh kembang sang putri diceritakan dengan detail. Mulai dari hari pertama masuk sekolah hingga tiba-tiba ia menyadari bahwa putri kecilnya sudah lepas darinya.

Schoolbag in hand, she leaves home in the early morning
(Tas sekolah di tangan, dia meninggalkan rumah di pagi hari)

Waving goodbye with an absent-minded smile
(Melambaikan tangan dengan senyuman tanpa berpikir)

I watch her go with a surge of that well-known sadness
(Aku mengawasinya pergi dengan gelombang kesedihan)

Lirik yang sederhana, tetapi sangat menyentuh. Setiap barisnya sukses membuat para pendengar kembali mengingat masa kecilnya.

Selain itu, dalam lagu ini juga digambarkan bagaimana sulitnya bagi orang tua untuk bisa mengerti dan menebak apa yang dirasakan oleh sang buah hati saat sudah beranjak dewasa. Bagaimana para orang tua selalu merasa bahwa waktu yang dihabiskan bersama tidaklah pernah cukup hingga mereka merasakan penyesalan yang sangat mendalam, karena tidak mengabadikan semua hal yang mereka lalui sebelum semuanya lepas dari genggamannya.

Slipping through my fingers all the time
(Sambil menyelipkan jari-jari saya sepanjang waktu)

Do I really see what’s in her mind
(Apakah saya benar-benar melihat apa yang ada dalam pikirannya)

Each time I think I’m close to knowing
(Setiap kali saya pikir saya hampir mengetahui)

She keeps on growing
(Dia terus tumbuh)

Dari lagu ‘’Slipping Through My Fingers’’, kita dihimbau untuk selalu menghargai setiap waktu yang ada. Habiskan setiap waktu yang ada dengan mencurahkan kasih yang kita miliki kepada orang-orang yang kita sayangi, agar nantinya tidak muncul penyesalan di lain hari yang tidak bisa kita ulang kembali.

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

Leave a comment