Hits: 5

Ariel Demetrius Nadeak / Rahmat Harun Harahap

Pijar, Medan. Ibu adalah sosok yang sangat berjasa bagi seorang anak, sehingga pada setiap 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu Nasional. Bukan hanya untuk memperingati keberadaan sosok ibu saja, tetapi bisa menjadi momen untuk berterima kasih atas perjuangan serta kasih sayang yang mereka berikan sedari awal kita ada di dunia.

Banyak cara untuk berterima kasih kepada sosok ibu dalam kehidupan kita. Mungkin sekadar ucapan “selamat Hari Ibu”, memberikan hadiah, atau kita bisa menyanyikan lagu untuk mereka. Lagu ”Mother How Are You Today” adalah salah satu lagu yang bisa dinyanyikan kepada ibu sebagai bentuk kepedulian serta rasa sayang kepadanya.

“Mother How Are You Today” dinyanyikan oleh Maywood, duo penyanyi wanita asal Belanda bernama Careen Wood dan Alice May. Lagu ini diproduksi pada 1979, sedangkan di Indonesia lagu ini baru dikenal pada tahun 1981.

Lagu ini berisi kerinduan seorang anak perempuan pada ibunya yang tinggal di tempat yang jauh. Ia juga memberitahu ibunya bahwa keadaannya baik-baik saja di perantauan, sehingga ibunya tidak perlu khawatir. Ia bercerita pada ibunya bahwa dirinya berjanji akan pulang ke kampung halamannya pada musim panas.

Dalam penggalan lirik lagunya juga bercerita bahwa ia mendapatkan seorang pendamping di perantauannya. Ia ingin mengenalkan pria idamannya itu pada sang ibu.

I found the man of my dreams

(Saya menemukan pria impian saya)

Next time you will get to know him

(Lain kali Anda akan mengenalnya)

Semuanya ia ungkapkan melalui surat sembari menyakan keadaan ibunya di kampung halaman.

Mother, how are you today?

(Ibu, bagaimana kabarmu hari ini?)

Here is a note from your daughter

(Ini catatan dari putrimu)

With me everything is OK

(Denganku semuanya baik-baik saja)

Dari penggalan lirik-lirik di atas, Maywood ingin menyampaikan kerinduan seorang anak yang mendambakan kebersamaan dengan ibunya kembali. Lagu ini bisa menjadi pengingat kita untuk berterima kasih atas eksistensi sosok ibu dalam kehidupan kita, khususnya orang-orang yang telah tinggal jauh dengan ibunya. Memberi dan menanyakan kabar mempunyai makna tersirat bahwa kita sayang dan menghargai ibu kita.

Banyak emosi yang muncul ketika mendengar lagu ini, baik itu kesedihan atau kegembiraan. Kerinduan akan disertai dengan kesedihan yang tidak terbendung lagi dan kesenangan yang timbul adalah rasa hangat akan kasih sayang ibu yang bisa dirasakan walau tidak bertemu.

Dalam momentum Hari Ibu Nasional, lagu “Mother How Are You Today” adalah salah satu hadiah yang bisa kamu berikan kepada ibu. Lagu ini bisa menjadi representasi seberapa besar cinta kita terhadap sosok ibu yang kita sayang.

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment