Hits: 26

Shalli Anggia Putri

Medan, Pijar. Salah satu lagu yang berkumandang dengan indahnya dalam pembukaan ajang bergengsi, PON XX Papua 2021, adalah lagu bertajuk “The Spirit of Papua”. Lagu ciptaan Alffy Rev ini berhasil menarik perhatian banyak orang. Bagaimana tidak? Makna lagu yang sangat dalam serta dikemas secara apik baik musik maupun video klipnya.

Pada lagunya ini, Alffy Rev menggandeng Nowela Elisabeth Auparay, Farrah Alfy Nabila, Epo D’Fenomeno, dan Funky Papua. Video klip yang berdurasi hampir tujuh menit lamanya ini telah ditonton sebanyak 4.183.681 kali di YouTube sejak pertama kali diunggah. Alffy Rev mencoba menampilkan salah satu pesona yang tak kalah indah dari bagian timur Indonesia.

Ciri khas Budaya Papua yang tampak pada Lagu The Spirit of Papua. (Sumber Foto : YouTube @Alffy Rev)

Alffy Rev melalui akun Instagram miliknya mengatakan, “Setidaknya karya ini akan menjadi tombak identitas bahwa Papua adalah saudara saya seutuhnya. Mutlak sebagai kami, bangsa Indonesia yang merdeka berbudaya.”

Dari pernyataannya, dapat diresap makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang sesungguhnya. Walaupun terdapat perbedaan etnis, ras, agama, tetapi kita adalah satu, kita adalah saudara dari Sabang sampai Merauke dan kita adalah Indonesia.

Penggabungan dua lagu daerah asal Papua pun menjadi lirik lagu tersebut dalam karyanya ini. Lagu itu antara lain “Sajojo” dan “Apuse” yang diaransemen dengan baik oleh Alffy Rev menjadi genre EDM. Perpaduan Genre EDM yang kekinian dengan lagu daerah ini bukan berarti menghilangkan makna lagu itu sendiri.

O Syen (Oh Tuhan)

Yau Yeidu Etawari (Aku merindukan rumah)

Etawari to nu we ebabanai (Rumah, di mana aku tumbuh besar)

Karya memukau milik Alffy Rev ini ternyata tidak direncanakan sebelumnya untuk diproduksi. Namun, hambatan menghadang tidak memutuskan niat dan semangat untuk membuat karya yang menggali keindahan tanah timur Indonesia. Berbagai persiapan dalam pembuatan video seperti pengerjaan animasi 3D, stage design, shooting, musik, koreo, dan hal lainnya dapat dikerjakan dalam waktu sekitar 10 hari saja.

Usaha keras yang dilakukannya bersama tim ternyata membuahkan hasil meski pengerjaannya hanya dilakukan dengan waktu yang sedikit. Bisa dibilang, lagi-lagi karya Alffy Rev sukses mempesona semua masyarakat Indonesia.

Alffy Rev berharap semoga lagu bertajuk “The Spirit of Papua” bisa menjadi karya kebanggaan untuk saudara di bagian timur Indonesia dan melalui karya ini bisa memberitahukan kepada dunia tentang keajaiban tanah Papua.

(Redaktur Tulisan: Rassya Priyandira)

Leave a comment