Hits: 29

Jennifer Francesca / Zain Fathurrahman

Pijar, Medan. Wanita Indonesia dikenal dengan kecantikannya yang unik dan beragam. Tidak ada standar spesifik yang dapat dijadikan tolak ukur kecantikan Indonesia, sebab keragaman suku dan ras menghasilkan ciri khas yang berbeda-beda. Inilah yang menjadi fokus utama pada lagu “Indo Black Magic” oleh Jebung, berkolaborasi dengan Basboi.

Jessica Sabar Bungauli atau yang lebih akrab disapa Jebung merupakan seorang penyanyi dan juga figur internet yang dikenal luas dengan konten-kontennya yang menghibur. Pada 28 Oktober lalu, Jebung mengeluarkan lagu terbarunya bertajuk “Indo Black Magic”. Sesuai dengan judulnya, lagu ini bertemakan sihir atau ilmu hitam dari Indonesia, yang biasanya lebih dikenal dengan sebutan “santet”.

Dilansir dari cewekbanget.id, Jebung mendapatkan inspirasi untuk menulis lagu bergenre pop dan RnB ini setelah diberi tantangan oleh salah seorang pengikutnya di Instagram untuk menulis lagu tentang santet.

“Awalnya gara-gara ada yang request bikin lagu tentang santet di Instagram Story. Lima belas detik hasil lagunya, bukan lima belas detik bikinnya. Jadi awalnya idenya tuh dari Instagram story 15 detik itu,” terang Jebung sekaligus meluruskan kesalahpahaman yang beredar bahwa ia menyelesaikan lagu ini hanya dalam 15 detik.

Dayaknese smile make u go bloody ody
(Senyuman wanita Dayak membuatmu menggila)

Melanesian 8 figure body ody
(Bentuk tubuh Melanesia yang sempurna)

Minang attitude oh yeah yes mami
(Sikap wanita Minang, oh ya mami)

Stop and stare a diamond from Bali
(Berhenti dan menatap berlian dari Bali)

There’s no need another guna guna on these
(Tidak perlu guna-guna untuk urusan ini)

Sunda eyes will hypnotize you my boy
(Mata sunda akan menghipnotismu sayang)

Guys who said they don’t date locals smell tuna tuna fishy ah
(Laki-laki yang berkata mereka tidak memacari orang lokal bau ikan tuna)

Melalui lirik-lirik dalam lagunya, Jebung mendeskripsikan secara singkat tentang bagaimana kecantikan dan daya tarik wanita Indonesia yang sangat beragam dengan menyebutkan beberapa suku Indonesia, seperti Dayak dan Minang. Jebung sebagai penulis lagu juga menyebutkan bahwa sihir atau santet tidak diperlukan untuk membuat orang lain jatuh ke dalam pesona kecantikan wanita-wanita Indonesia.

Awalnya, lagu “Indo Black Magic” tidak diciptakan untuk konsep duet, tetapi penyanyi berdarah Batak ini merasa perlu ada lirik yang berisi sudut pandang dari seorang laki-laki untuk melengkapi lagu ini. Oleh karena itu, Jebung mengajak seorang rapper muda berbakat yang sedang melambung dalam skema rap Indonesia, Basboi, untuk berkolaborasi dengannya dan mengisi bagian rap.

Basboi mengaku bahwa Jebung menghubunginya di suatu pagi dan ia langsung menyelesaikan liriknya di hari yang sama. Keduanya tampak serasi dan kompak meski hanya saling kenal melalui media sosial.

Sesuai dengan tema, video klip dari lagu “Indo Black Magic” juga mengusung konsep santet, di mana Jebung berperan sebagai seorang dukun dan Basboi adalah pelanggannya. Video klip yang telah ditonton sebanyak 240 ribu kali ini juga disukai oleh para penonton berkat jalan ceritanya yang menarik. Ditambah lagi, adanya tarian-tarian tradisional dan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia yang tidak hanya menambah segi visual, tetapi juga mempromosikan budaya-budaya asli milik masyarakat Indonesia.

Cantik itu relatif, setiap orang memiliki pesona dan daya tariknya tersendiri. Kalimat ini sudah sangat sering menyapa telinga kita semua. Lewat lagu ini, Jebung berharap wanita Indonesia bisa melihat kecantikan yang ada dalam diri mereka masing-masing tanpa perlu membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment