Hits: 16

Adinda Mustika Sari/ Alvira Rosa

Pijar, Medan. Berdasarkan keputusan Presiden Nomor 126 tahun 2001, tanggal 13 Desember ditetapkan sebagai Hari Nusantara. Hari Nusantara diperingati setiap tahunnya untuk mengenang jasa Perdana Menteri Djuanda Kartawidjaja lewat Deklarasi Djuanda pada 13 Desember 1957.

Deklarasi tersebut bertujuan untuk menyatakan kepada dunia, bahwa laut Indonesia berada di antara dan di dalam kepulauan Indonesia yang menjadi satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Setelah tercetusnya Deklarasi Djuanda yang diakui dalam Konvensi Laut PBB tahun 1982, pembagian wilayah laut Indonesia dibagi ke dalam tiga golongan, yaitu Zona Laut Teritorial, Zona Landas Kontinen, dan Zona Ekonomi Eklusif (ZEE).

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjadi penyelenggara acara puncak Hari Nusantara tahun 2022. Mengangkat tema “Peningkatan Ekonomi Maritim melalui Kolaborasi Investasi Berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit Lebih Kuat”, seluruh rangkaian kegiatan ini dilakukan di Sulawesi, tepatnya di Wakatobi. Kabupaten ini dinilai sebagai surga wisata bahari dengan pesisir pantai yang indah dan daerah pegunungan yang menawan.

Kegiatan ini termasuk salah satu program strategis pelayanan kesehatan bagi masyarakat pesisir pantai dan pulau-pulau kecil. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan potensi kekayaan daerah dengan mengemban UMKM dalam rangka meningkatkan program prioritas nasional.

Dikutip dari situs kominfo.com, hal ini selaras dengan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060 yang diharapkan dapat menumbuhkan sektor potensi investasi di sektor ekonomi biru, ekonomi hijau, dan ekonomi sirkular.

Melalui kegiatan ini, masyarakat diharapkan aktif untuk ikut dalam upaya mengembangkan kelestarian kekayaan laut, guna menciptakan tujuan membangun ekonomi maritim yang lebih kuat dan menyosialisasikan makna wawasan nusantara sebagai perwujudan Deklarasi Juanda.

BKPM mengehendaki masyarakat Indonesia untuk mempererat tali silaturahmi dan menumbuhkan rasa nasionalisme, terkhususnya bagi masyarakat yang dapat mewujudkan sistem pertahanan yang handal dalam mempertahankan dan menjaga NKRI.

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

Leave a comment