Hits: 37

 Olivia Sri Renata Sinulingga / Muhammad Aji Wananda

Pijar, Medan. Tak terasa kita sudah berada di akhir tahun. Desember selalu menjadi bulan yang akrab dengan momen kebersamaan keluarga. Semarak Natal dan tahun baru menjadi sebuah momen untuk melakukan berbagai macam kegiatan, salah satunya menonton film.

Klaus merupakan salah satu film animasi yang bertemakan Natal dan rilis pada 8 November 2019. Film keluarga ini ditulis dan disutradarai oleh animator Spanyol sekaligus pencipta Despicable Me, Sergio Pablos.

Film Klaus berhasil menyabet 11 penghargaan seperti BAFTA Film Award 2020 kategori Best Animated Featured Film, Odyssey Award 2019 kategori Best Animated Film, dan World Soundtrack Awards 2020 kategori Public Choice Award. Selain itu, Klaus juga masuk dalam daftar nominasi 26 ajang penghargaan lainnya.

Film Klaus menceritakan tentang seorang anak direktur utama kantor pos yang bernama Jesper. Ia tumbuh menjadi pemuda pemalas karena terlena dengan kekayaan sang ayah. Akibat  hal tersebut, sang ayah pun marah dan merasa kecewa hingga akhirnya ia mengirimkan Jesper ke sebuah kota terpencil yang bernama Smeerensburg.

Tidak hanya itu, Jesper diberi misi oleh ayahnya untuk mengirim enam ribu surat dalam satu tahun. Jika ia tidak mampu menjalankan misi tersebut, ia diancam dikeluarkan dari silsilah keluarganya dan tidak dapat menikmati fasilitas ataupun warisan ayahnya.

Film Klaus - Mediapijar.com
Salah satu quote yang ada di film Klaus, kebaikan tanpa pamrih selalu menular kepada yang lain.
(Sumber Foto: artstation.com)

Jesper pun memulai petualangannya di kota Smeerensburg. Akan tetapi, kota ini bukanlah kota biasa. Kota ini merupakan kota yang gelap dan tidak ada kedamaian. Kedua klan pada kota Smereensburg sejak dahulu memiliki hubungan yang tidak baik dan selalu dalam peperangan. Kondisi kota yang seperti ini membuat Jesper kesulitan dalam menjalankan misi yang diberikan ayahnya. Namun, akhirnya ia menemukan solusi dengan bertemu seseorang bernama Klaus.

Melalui pertemuannya dengan Klaus, keadaan mulai berubah. Banyak anak-anak yang akhirnya menulis surat dan mengirimkannya kepada Jesper untuk mendapatkan hadiah dari Klaus. Dalam keadaan tersebut, Jesper menyampaikan bahwa anak-anak yang baik akan diberikan hadiah. Hal ini membuat anak-anak di kota Smeerensburg berlomba-lomba untuk berbuat baik meskipun pada klan lain.

Film animasi yang berdurasi kurang lebih sekitar 70 menit ini memberikan pesan mendalam tentang perubahan yang bisa terjadi hanya lewat satu aksi kecil yang kita lakukan. Jika kita berbuat baik tanpa pamrih pasti akan menular dengan orang lain. Film ini juga menyadarkan kita bahwa pertemanan bisa terbentuk tanpa disangka. Pertemanan yang baik akan terkenang selamanya dengan begitu menghangatkan.

Klaus merupakan film yang bisa dimasukkan daftar tontonan bersama keluarga pada Natal. Film yang tayang di platform aliran (streaming) video Netflix ini sangat cocok untuk menjadi tontonan anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun.

(Redaktur Tulisan: Rani Sakraloi)

Leave a comment