Hits: 43

Sinta Siregar

Pijar, Medan. Putri Ariani, seorang penyanyi-penulis lagu pop solo penyandang tunanetra yang berhasil meraih Golden Buzzer dari Simon Cowell pada ajang pencarian bakat American’s Got Talent (AGT) 2023 di Amerika Serikat.

Di panggung AGT, Putri menyanyikan lagu ciptaannya sendiri yang berjudul “Loneliness”. “Loneliness” dirilis pada lima Mei 2023 dan telah mendapatkan hak cipta dari Kementerian Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Lewat video musiknya, lagu Loneliness telah ditonton sebanyak 5,8 juta kali dan didengar sebanyak lebih dari 3 juta kali sejak dirilis sebulan yang lalu. Kolom komentar YouTube untuk lagu ini juga dibanjiri respon positif dan pujian dari para pendengarnya. Bahkan banyak penggemar yang berasal dari luar negeri ikut mengapresiasi dengan mengatakan bahwa mereka merasa terikat secara emosional dengan lagu “Loneliness”.

Lirik lagu yang menggunakan bahasa Inggris tidak menjadi penghalang bagi masyarakat Indonesia untuk mengetahui makna dan pesan dari lagu tersebut. Hal ini dlihat dari pemilihan kosa kata bahasa Inggris yang mudah dan sering didengar.

You break my heart, break my soul

(Kau hancurkan hatiku, hancurkan harapanku)

Make me so down in a loneliness

(Buatku begitu terpuruk dalam kesendirian)

You left me when I deep

(Kau tinggalkan saat aku begitu dalam (mencintaimu))

Thought you are my best scene

(Aku pikir kau adalah adegan terbaikku)

Being my prince, but I was wrong

(Menjadi pangeranku, tapi aku salah)

Baby, you change a pink into the blue

(Sayang, kau mengubah warna pink menjadi biru)

Penggalan lirik lagu tersebut menggambarkan seorang wanita yang ditinggalkan oleh kekasihnya karena memilih wanita lain. Patah hati membuatnya menjadi terpuruk dan kesepian.

Dilansir dari kanal YouTube Prestige Productions, “Loneliness” sudah diciptakan sejak dua tahun lalu. Lagu ini juga merupakan bentuk pembuktian diri bahwa dia bisa menciptakan lagu.

“Waktu itu, Putri sempat ngerasa guilty to my self, ngerasa bersalah. Karena waktu itu sempat nge-down gara-gara di-underestimate sama orang-orang. Dibilang gak bisa bikin lagu sendiri. Terus Putri mau buktiin sama mereka kalau they was wrong dan I can do it,” ungkapnya.

Putri juga menjelaskan makna dari lagu “Loneliness”. “”Loneliness” itu tentang Putri. “Loneliness” itu tentang penerimaan. Bagaimana kita bisa menerima kesalahan dan diri kita sendiri. Ketika sesuatu kita kira itu baik, belum tentu itu baik untuk kita,” lanjutnya.

Meski “Loneliness” merupakan kisah pribadi penulis, lagu ini sangat disukai oleh pendengar di seluruh dunia. “Loneliness” menyentuh hati banyak orang dengan perpaduan irama, musik, dan suara penyanyinya yang mampu membuat pendengarnya meneteskan air mata keharuan.

(Redaktur Tulisan: Rani Sakraloi)

Leave a comment