Hits: 5

Networthy Publisher

Memiliki berbagai prestasi di bidang akademik, tetapi tetap peduli terhadap pendidikan di Indonesia merupakan salah satu tujuan dari Muhammad Dava Warsyahdhana. Lelaki kelahiran 19 Desember 1999 ini merupakan alumnus Pertanian, Universitas Sumatera Utara. Dava juga mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan perkuliahan di Taiwan.

Meski dikenal masyarakat sebagai sosok yang berkecimpung di bidang pertanian, ternyata Dava juga bergabung dalam sebuah start up yang peduli terhadap edukasi, lho! Bersama dengan 2 rekannya Dava telah meluncurkan aplikasi edukasi dengan nama “Inisiator”, yang kini tengah berumur 1 bulan dan sudah dapat diunduh melalui Play Store dan App Store.

Inisiator merupakan sebuah platform berbasis aplikasi online yang mewadahi kompetisi bagi pelajar di Indonesia. Tujuan dari terbentuknya aplikasi ini untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sebagai apresiasi untuk pelajar demi mewujudkan pendidikan yang lebih baik. Inisiator memiliki cara kerja yang cukup unik dalam penggunaannya.

Dengan menggunakan metode gamifikasi, kompetisi yang diadakan akan lebih seru dan menarik dari ajang kompetisi yang biasanya. Dava juga berharap dengan adanya aplikasi ini, anak-anak muda di Indonesia lebih mudah berekspresi dalam pertandingan game yang telah dimodifikasi dalam bentuk kuis dan soal.

“Di Inisiator ini memiliki cara kerja mereka bisa battle antara 1 lawan 1, bahkan bisa juga melawan 1 grup. Misalnya olimpiade biologi, matematika, persiapan UTBK, Try Out maupun OSN. Disini, saya berharap anak-anak muda Indonesia bisa lebih berekspresi dalam suatu pertandingan. Karena kalau biasanya game cuma untuk hiburan, di Inisiator game itu kita modifikasi menjadi soal-soal. Jadi, pengguna dari Inisiator juga bakalan dapat poin yang bisa ditukar sebagai hadiah,” jelas Dava.

Inisiator dibentuk sebagai salah satu kontribusi anak muda saat ini. Dava berharap suatu saat Inisiator dapat menuju tahap yang lebih besar dan lebih maju serta dapat dikenal oleh masyarakat luas. Dengan terbentuknya Inisiator, ia juga berharap aplikasi ini dapat meningkatkan wawasan dan mutu dari siswa maupun siswi yang ada di seluruh Indonesia dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Inisiator juga dibuat untuk mendukung tercapainya pemerataan pendidikan dan prestasi. Selain untuk meningkatkan mutu pendidikan, diharapkan agar nantinya Inisiator mampu menjadi platform edukasi nomor 1 bagi pelajar di Indonesia.

“Menurut saya, start up itu dibuat pasti karena adanya suatu permasalahan, dan bagaimana permasalahan itu dapat diatasi dengan baik. Kalau bukan saat ini, darimana lagi kontribusi yang bisa kita lakukan? Bisa dilihat dari beberapa start up di Indonesia seperti Ruang Guru, Shopee dan lain-lainnya. Kita ingin start up yang dibuat dapat mencapai ke tahap lebih besar nantinya, hingga menjadi start up unicorn ataupun decacorn seperti platform-platform tersebut,” ungkap Dava dengan harapannya untuk Inisiator.

Meskipun memiliki banyak prestasi, Dava sendiri tetap ingin berkontribusi kepada hal yang lebih bermanfaat lagi. Sesuai dengan tujuannya yang juga ingin bermanfaat terhadap orang lain yang ada disekitarnya.

Leave a comment