Hits: 39

Kevin Ricardo

“Semua itu bisa kita raih, kalau kita mau dan serius melakukannya,” ujar Juan ketika ditanya mengenai tips yang bisa dibagikan demi mencapai impian. Ia bercerita bahwa salah satu impiannya adalah mencapai financial freedom sebelum umur 23 tahun. Berbekal dengan impian ini, Juan kemudian mencari berbagai cara untuk menggapainya. Lantas, bagaimana cara dia mewujudkan mimpinya?

Juan Exsaudia Sihombing yang kerap disapa dengan panggilan Exsaudia ini sangat gemar menonton YouTube sejak dulu. Kegemaran inilah yang kemudian mendorongnya untuk menjadi youtuber dan ia realisasikan semenjak pandemi melanda.

“Bagiku, sosok yang menjadi inspirasi untuk memulai YouTube adalah Pewdiepie. Dia panutan banget sih,” sambung Juan ketika ditanya mengenai sosok yang menginspirasinya untuk memulai YouTube.

Alasan ia untuk memasuki dunia YouTube dan memutuskan menjadi streamer sederhana. Ia dikenal sebagai pemain yang dikategorikan sebagai jajaran pemain terkaya di game Growtopia (sebuah permainan yang memiliki tujuan utama untuk menjadi pemain terkaya dengan menggunakan berbagai metode seperti: In Game Trading, Farming, dll.). Namun, untuk dapat menduduki posisi bergengsi di dalam game ini membutuhkan usaha yang maksimal.

“Dulu waktu masih noob di game ini, aku itu bisa menghabiskan waktu sebanyak 5-10 jam perhari untuk bermain game ini. Ya, karena memang tidak ada pekerjaan maupun kegiatan yang begitu berat, mengingat aku masih duduk di bangku sekolah. Namun, waktu yang dihabiskan di game demi mencapai titik ini tidaklah sedikit,” ujar Juan.

Ia juga mengatakan bahwa sebelum memasuki YouTube, dirinya juga telah mendapatkan beragam manfaat secara tidak langsung dari bermain game ini. Mulai dari kemampuan bahasa Inggris yang meningkat hingga kemampuan untuk bernegosiasi yang kian membaik.

Setelah memasuki dunia YouTube, Juan mengakui bahwa dirinya mendapatkan sambutan yang cukup baik dari para audiens. Ini dapat dibuktikan dengan cepatnya laju pertumbuhan saluran yang ia miliki (mendapatkan 170k Subscribers dalam kurun waktu 2 tahun sejak memulai saluran ini). Setelah Juan menyadari bahwa akun media sosial yang ia miliki semakin membesar setiap harinya, ia kemudian memutuskan untuk lebih mendalami kemampuan manajemen sosial media (khususnya social media marketing) agar dapat mempertahankan serta meningkatkan jumlah orang yang menonton konten-konten yang ia hasilkan.

Tidak hanya sampai disitu, Juan juga berusaha untuk melakukan inovasi penambahan konten yang lebih beragam di saluran YouTube miliknya. Hal itu ia lakukan agar penonton mendapatkan lebih banyak variasi konten.

Dengan tingkat konsistensi yang tinggi serta keinginan untuk mencoba hal-hal baru diluar zona nyaman, alhasil Juan mendapatkan buah yang manis dari semua usahanya selama ini.

Dirinya kemudian mengatakan bahwa ia mampu mendapatkan pendapatan kurang lebih 20 juta perbulan dari saluran YouTube Exsaudia. Tak berhenti sampai disitu, dirinya mengakui bahwa ia juga mendapatkan ratusan juta rupiah tambahan dari berbagai peluang yang muncul (mulai dari Endorse, Paid Promote, program membership, dan lain-lain).

Exsaudia juga telah meluncurkan E-Book yang hanya terbit secara terbatas, khusus untuk para pemain game Growtopia yang ingin mengikuti jejak kesuksesannya di game ini. Dirinya juga memanajemen uang yang telah didapat secara baik, sehingga keuangannya semakin kuat. Ia menjelaskan bahwa impian untuk mencapai financial freedom sebelum umur 23 tahun telah tercapai.

“Puji Tuhan, aku dapat mendapatkan semua berkat ini. Semua ini juga dikasih Tuhan kok. Kalau tidak, mana bisa aku dapat segala ini sampai sekarang,” tutup Juan yang pernah menjadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU ini.

Leave a comment