Hits: 645

Raymond Putra Pratama Silalahi

Pijar, Medan. Jika ada yang bertanya, “Apa sih lagu dari Disney yang menjadi lagu kesukaanmu?”, mungkin banyak yang akan menyebutkan bahwa “You’ve Got A Friend In Me” menjadi salah satu lagu favorit mereka. Bagaimana tidak? Lagu ini pasti sangat membekas di telinga, hati, dan kehidupan para pecinta film Disney, Toy Story.

“You’ve Got A Friend In Me” diciptakan oleh Randy Newman pada tahun 1995. Lagu ini menjadi lagu yang terkenal dan menjadi lagu di film “Toy Story” yang melegenda bagi anak-anak. Memiliki melodi yang sangat menempel di telinga, membuatnya selalu diingat dan dinyanyikan oleh banyak orang. Selain itu, makna yang sangat dalam dari lirik lagu ciptaan Randy ini telah mengantarkan banyak kisah persahabatan yang indah dari orang-orang di seluruh dunia menjadi memori yang wajib dikenang.

Lirik lagu ini semata-mata menceritakan kisah persahabatan Woody dan Buzz Lightyear pada film Toy Story. Namun, jika lagu ini disambungkan dalam dunia persahabatanmu, pesan-pesan indah akan tercipta dalam diri sendiri dan sahabat terbaik yang dimiliki.

Bagaikan guru kehidupan, Randy Newman memberikan sebuah wejangan dari lirik yang ia ciptakan. Seperti pesan bahwa persahabatan yang indah akan menciptakan rasa bahwa persahabatan adalah satu kesatuan sehingga apapun masalah yang dipunya dengan senang hati seorang sahabat akan terjun untuk membantu menghadapinya. Lagu ini juga menyampaikan bahwa banyak orang yang pasti lebih dari diri kamu, tetapi seorang sahabat akan selalu memilih kamu menjadi orang nomor satu di kehidupan mereka.

Lirik yang sangat romantis dan nada yang indah dikemas dengan suara khas dari Randy Newman menjadi sangat menyentuh. Inilah yang membedakan lagu tersebut dengan lagu dengan tema persahabatan lainnya.

“You’ve Got A Friend In Me” berhasil mengantarkan banyak prestasi untuk Randy Newman, seperti masuk dalam nominasi penghargaan untuk kategori best original song dari Academia Award dan Golden Globe Award. Walau harus menerima kekalahan dari lagu “Colors Of The Wind” dari film Pocahontas, tidak dapat diragukan bahwa lagu Randy Newman ini tetap menjadi lagu terbaik di hati banyak orang kususnya penikmat film Toy Story.

Seperti kebanyakan lagu dari film Disney, lagu ini telah di-cover oleh musisi-musisi terkenal. Dalam film Toy Story, lagu ini dinyanyikan oleh Newman dan Lyle Lovett, dan cover lainnya dinyanyikan oleh Robert Goulet. Dalam bahasa Spanyol dinyanyikan oleh Gipsy Kings.

Lagu ini menjadi lagu kebesaran bagi film Toy Story dan muncul juga dalam sekuel film ini, seperti Toy Story 2 (1999), Toy Story 3 (2010), dan Toy Sory 4 (2019).

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment