Hits: 88

Suci Say’sah

Pijar, Medan. Donat bomboloni merupakan camilan favorit dan disukai berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasanya yang manis dan lumer di mulut membuat cemilan ini diminati untuk kalangan. Dengan tekstur yang empuk serta memiliki beraneka ragam isian membuat siapa saja tergoda untuk menyicipi cemilan satu ini.

Kata bomboloni berasal dari bentuk jamak kata bombolone. Donat ini berbentuk bulat agak pipih dengan isian dan berlapis icing sugar di bagian luarnya. Isian donat ini bisa berupa krim pastry vanili, selai coklat, hazelnut, dan juga selai buah.

Konon katanya nama Bomboloni berasal dari kata “bomba” yang berarti bom. Karena jika dilihat dari segi bentuknya yang bulat seperti bom atau granat membuat cemilan satu ini dikatakan seperti bom, ditambah lagi dengan isian nya yang ketika dimakan seakan meledak dan lumer di mulut.

Walaupun dinamakan donat bomboloni,  donat yang satu ini tidak memiliki lubang ditengah seperti donat pada umumnya. Namun, donat ini memiliki lubang di bagian sisi atas yang nantinya dimasukkan isian seperti coklat, selai buah, dan lain-lain.

Berdasarkan sejarah, donat bomboloni sendiri merupakan menu kudapan asal Italia. Bomboloni berasal dari daerah tertentu di Italia bernama Trentino Alto-Adige, yang dulunya pernah dikuasai Kerajaan Austria. Sehingga, menu ini juga dikenal dengan nama “krapfen” atau “kraffen” di negara Eropa Selatan tersebut.

Donat ini memang mirip berliner asal Jerman dan krafne yang populer di Eropa, tetapi donat bomboloni ini memiliki isian yang lumer sedangkan donat ala Amerika isinya tersembunyi dan berliner isinya tidak selalu timbul.  Bomboloni dari Tuscany juga tidak menggunakan telur dalam pembuatannya. Berbeda dengan di daerah-daerah bekas jajahan Austria di Italia seperti Trentino-Alto Adige, Friuli Venezia Giulia, dan Veneto yang resep bomboloninya menggunakan telur, seperti pada resep krapfen.

Camilan satu sangat mudah ditemui di Indonesia, terutama di Kota Medan. Selain mudah didapat, camilan ini juga ramah dikantong para mahasiswa dan pelajar. Harga per satuan donat ini dibandrol mulai dari Rp.1000 hingga Rp.10.000 per buah.

Donat bomboloni ini sangat cocok dijadikan santapan di saat sedang mengerjakan tugas kuliah, sekolah, atau sedang bersantai dengan keluarga. Camilan ini juga cocok menjadi salah satu camilan anak-anak karena rasanya yang manis dengan coklat yang lumer di dalamnya sehingga membuat anak-anak tertarik untuk memakan dan mencoba camilan satu ini.

(Redaktur Tulisan: Muhammad Farhan)

Leave a comment