Hits: 31

Hannysa

Pijar, Medan. Jika biasanya Korea Selatan terkenal dengan boy group dan girl groupnya yang berasal dari industri musik K-Pop, pada tahun 2015 silam tepatnya pada tanggal 7 September, agensi JYP Entertaiment mendebutkan grup band pertama di agensi mereka yang dikenal dengan DAY6. Grup band tersebut merilis album mini pertama mereka, The Day, dengan single utama “Congratulations” sebagai lagu debut mereka.

Lagu yang bergenre pop rock ini diunggah di kanal YouTube JYP Entertaiment dengan video klip dan sudah ditonton sebanyak lebih dari 45 juta kali hingga saat ini. Lagu “Congratulations ini sukses membuat siapa saja yang mendengarnya merasakan apa yang disampaikan oleh lagu ini, terbukti dengan banyaknya komentar yang dilontarkan di kolom komentar. Banyak yang menceritakan kisah cinta mereka yang gagal dan ada juga yang mengatakan komentar positif tentang lagu ini.

“Congratulations adalah lagu yang mengisahkan tentang kekecewaan seseorang yang ditinggal selingkuh oleh kekasihnya dan dengan mudahnya kekasihnya melupakan masa-masa bahagia mereka dulu. Dalam video klip lagu ini, seorang pria seolah-olah memberikan selamat kepada mantan kekasihnya secara sarkas karena telah berhasil membuatnya sakit hati dan muncul bersama selingkuhannya tanpa merasa bersalah. Lagu ini diawali dengan lirik yang menceritakan bagaimana pasangan ini mengakhiri hubungannya.

Ijeneun yeonrakjocha batjil anha

(Sekarang kamu bahkan tidak akan mengangkat teleponku)

Neo daesin deullineun mumigeonjohan moksori

(Alih-alih mendengarmu, aku malah mendengar suara membosankan)

Himdeun naldeuldo issneun geonde

(Selalu ada hari-hari yang sulit)

Jamkkaneul mot igyeo tto dareun daeaneul chajaga

(Tetapi kamu tidak dapat memenangkan momen itu dan kamu mencari alternatif lain)

Seperti liriknya, pada video klip terdapat adegan seorang pria yang merasa dikhianati oleh mantan kekasihnya yang meminta putus dari hubungan mereka, tetapi nyatanya mantan kekasihnya sudah menemukan pria yang baru sebagai kekasihnya.

Lagu ini dilanjutkan dengan chorus yang sangat catchy. Diiringi dentuman drum dan petikan gitar yang sangat merdu, DAY6 berhasil membuat siapa saja yang mendengarkan lagu ini merasakan emosi yang terdapat dalam lagu ini.

Congratulations neon cham daedanhae

(Selamat, kamu luar biasa)

Congratulations eojjeom geureohge

(Selamat, bagaimana kamu bisa baik-baik saja?)

Amureohji anha

(Bagaimana bisa kamu)

Hamyeo nal jisbalpa

(Menginjakku?)

Usneun eolgureul boni da ijeossna bwa

(Aku melihat wajahmu tersenyum, aku kira kamu lupa segalanya)

Siganeul gajjadeon mal ye

(Ketika kamu mengatakan mari kita luangkan waktu)

Saenggakhae bojadeon mal ye

(Ketika kamu mengatakan mari kita pikirkan tentang itu)

Nae nuneul bomyeonseo mitge haenohgo

(Kamu menatap mataku dan membuatku percaya padamu)

Ireohge naege

(Seperti ini)

Dari lirik diatas, dapat dilihat bagaimana lagu “Congratulations ini menyampaikan perasaan patah hati dengan sarkas. Lagu ini menceritakan bagaimana perasaan seseorang yang begitu mencintai kekasihnya tetapi dikhianati dengan cukup dalam.

Selain merilis lagu “Congratulations dengan versi bahasa Korea, DAY6 juga merilis lagu ini versi bahasa Inggris pada tahun 2018 silam. Jadi, kamu dapat mendengarkan lagu ini sesuai dengan versi pilihan kamu dan bisa didengar melalui berbagai kanal layanan musik, seperti YouTube, Spotify, Apple Music, dan lainnya.

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment