Asti Febriana

Pijar, Medan. Sekelompok Mahasiswa Kedokteran Project X Cesther yang tergabung dalam SCOPH CIMSA Universitas Indonesia mengadakan webinar serta kelas meditasi dengan tajuk “Anxiety Disorder dan Cara Mengatasinya” pada Minggu (10/10/2021) melalui Zoom.

Webinar yang dihadiri lebih dari 400 peserta ini menghadirkan beberapa pembicara yang ahli di bidangnya. Pembicara itu ialah dr. Fransiska M. Kaligis, Psikolog Daniel Reyonald, dr. Kusuma Minayati, dan Eko Widiyanto selaku Indonesian Board of Hypnotherapy.

Dalam paparannya, Fransiska menjelaskan mengenai tanda-tanda yang dialami seseorang ketika mengalami gangguan kecemasan. Ia pun turut memberikan pemahaman bagaimana cara mengatasi rasa cemas yang berlebihan.

“Sebetulnya gangguan kecemasan itu suatu hal yang wajar. Tanda-tanda orang yang mengalami kecemasan biasanya seperti takut, khawatir, gugup, iritabel, sakit kepala, dan umumnya sulit tidur yang disertai dengan sensasi fisik seperti jantung berdebar, sesak napas, berkeringat, tremor, bahkan pusing. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, seperti gaya hidup sehat, tidur, dan olahraga yang cukup,” ujarnya.

Pemaparan materi oleh dr.Fransiska M. Kaligis, Sp.KJ(K) mengenai Anxiety Disorder dalam webinar Project X Cesther melalui plattform Zoom (10/10/2021) (Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi)

Sesi dilanjutkan dengan pemaparan dari Daniel Reyonald dan Kusuma Minayati. Mereka menegaskan bahwa kedamaian batin adalah cara yang ampuh untuk melawan kecemasan seseorang. Namun, lanjutnya, tidak ada hubungan yang signifikan bahwa orang yang memiliki gangguan kejiwaan dikaitkan dengan kurangnya keimanan seseorang tersebut.

Sesi webinar ini ditutup dengan paparan dari Eko Widiyanto. Pada kesempatan itu, Eko mengajak seluruh peserta untuk mengikuti arahannya untuk melakukan meditasi selama 7 menit. Gunanya adalah untuk menerapkan cara melatih ketenangan diri agar tidak terlalu cemas terhadap sesuatu.

Dengan berbekalkan instrumen musik yang diputar saat meditasi berlangsung, peserta dibimbing dengan kata-kata motivasi dari Eko. Banyak peserta yang terbawa suasana dan bahkan ada yang menangis haru karena merasa efek dari meditasi yang dilakukan Eko sangat berpengaruh. Walau hanya dalam 7 menit, peserta merasa sudah berbaikan dengan diri sendiri dan memaafkan diri dengan kata-kata motivasi yang dilontarkan Eko.

(Redaktur Tulisan: Rassya Priyandira)

Leave a comment