Hits: 18

Timotius Dwiki Meglona Hutabarat

Pijar, Medan. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ikatan Mahasiswa Peduli Masyarakat USU menyelenggarakan donor darah di UTD PMI Kota Medan, Jl. Perintis Kemerdekaan, pada Sabtu (24/10/21). Kegiatan donor darah UKM IMPM USU mengusung tema “A Blood is A Gift to be Given”.

Donor darah yang diselenggarakan merupakan agenda rutin tahunan UKM IMPM USU. Kegiatan donor darah (DoRa) juga merupakan salah satu program kerja Divisi Pengabdian Masyarakat. DoRa ini dihadiri oleh anggota IMPM USU dan masyarakat umum. Dalam penyelenggaraannya bertujuan untuk membantu masyarakat serta PMI Kota Medan untuk memenuhi kebutuhan kantong darah.

Serah terima sertifikat kepada tenaga medis UDT PMI Kota Medan. (Sumber Foto : Dokumentasi Humas IMPM)

Kegiatan dimulai dengan pemeriksaan kesehatan pendonor, seperti tekanan darah, kadar hemoglobin, kesiapan fisik dan psikis, serta kesehatan lain yang dilakukan oleh dokter.

UKM IMPM USU menargetkan sebanyak 50 orang pendonor dalam acara ini. Selama kegiatan berlangsung, banyak pendonor yang datang silih berganti dari berbagai kalangan masyarakat. Namun, beberapa pendonor yang datang tidak bisa melakukan donor darah dikarenakan kesehatan yang tidak memadai.

“Ada beberapa pendonor yang enggak bisa donor tadi karena tekanan darah mereka rendah. Ada juga yang kadar hemoglobinnya tinggi sehingga kita menganjurkan untuk tidak mendonor demi kesehatan si pendonor,” jelas Yemima Lois Seraphina Kembaren, salah satu panitia penyelenggara.

Sementara itu, Sara Nabila Br. Sebayang yang bertugas sebagai penanggung jawab kegiatan ini mengungkapkan, dengan mengusung tema “A Blood is A Gift to be Given”, diharap dapat mengingatkan setiap manusia bahwa mereka diberkahi sesuatu yang sangat berharga, yaitu darah. Melalui darah juga, mereka dapat berbagi kepada orang lain yang membutuhkan.

“Hidup kita ini merupakan sebuah berkah dan anugerah. Kita dianugerahi darah yang sangat berharga untuk hidup. Melalui donor darah kita dapat membantu masyarakat yang membutuhkan,” ucap Sara.

Dengan pelaksanaan donor darah ini, UKM IMPM USU melalui Sara berharap makin banyak masyarakat yang secara sukarela mendonorkan darah tanpa rasa takut.

“Kegiatan donor hari ini terlaksana dengan baik. Bagi kami, mendonorkan darah ini sebagai salah satu wujud syukur atas apa yang dimiliki. Saya harap masyarakat lebih peduli lagi dan enggak perlu takut untuk mendonor karena ini bentuk rasa syukur,” tutupnya.

(Redaktur Tulisan: Rassya Priyandira)

Leave a comment