Hits: 25

Najla Khairani

Pijar, Medan. Setelah vakum beberapa tahun karena pandemi Covid-19 dan hambatan lainnya, Pusat Jasa Ketenagakerjaan Universitas Sumatera Utara (PJK-USU) kembali mengadakan kegiatan Bimbingan Konseling Karir. Kegiatan ini diperuntukkan khusus bagi alumni dan mahasiswa USU serta dimulai pada Selasa (12/3/2024).

Sesuai dengan namanya, kegiatan bimbingan konseling yang dilakukan selama dua kali dalam seminggu ini berfokus pada permasalahan atau hambatan karir pribadi dari mahasiswa dan alumni. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat membantu mereka memperoleh informasi terkait karir dan arah karir yang akan dijalani sesuai dengan bakat, minat, serta potensi dirinya.

Bimbingan Konseling Karir PJK-USU, Solusi dari Keresahan Karir Mahasiswa dan Alumni - www.mediapijar.com
PJK-USU menyediakan ruangan bimbingan karir sebagai tempat berlangsungnya konseling karir mahasiswa dan alumni
Fotografer: Najla Khairani

“Sesuai usulan dan arahan dari kampus, PJK-USU kembali memprioritaskan mahasiswa dan alumninya untuk dapat bekerja secara layak sesuai keinginannya demi sumber daya manusia yang lebih unggul ke depannya,” ucap Annisa selaku Staff PJK-USU.

Bagi mahasiswa dan alumni yang ingin melakukan bimbingan konseling dapat langsung datang ke ruangan bimbingan karir di PJK-USU mulai pukul 14.00-16.00 WIB. Bagi mahasiswa yang masih berstatus aktif diperkenankan untuk datang pada hari Selasa, sedangkan pada hari Kamis diperuntukkan bagi alumni yang telah tercatat lulus dari perkuliahan.

Mahasiswa akan dibimbing secara langsung oleh Ikhsan Rahmat, Dosen Fakultas Psikologi USU dengan maksimal waktu bimbingan adalah 30 menit. Ikhsan pun akan melanjutkan bimbingan bagi para pendaftar yang belum terselesaikan kendalanya.

“Bimbingan dilakukan dengan beberapa tahapan. Mulai dari pengenalan umum karakter dan referensi karir, analisis CV, kemudian kami akan mendukung penuh mahasiswa dan alumni tersebut untuk menawarkan dirinya sebagai tenaga kerja. Kami merasa senang sekali apabila peserta bimbingan karir ini diterima di suatu perusahaan nantinya. Itu berarti tugas kami sudah selesai,” ucap Ikhsan selaku pembimbing konseling karir.

PJK-USU juga menyediakan program lain yang dinamakan “Match PJK-USU Profesional” yang bekerja sama dengan berbagai perusahaan. Program ini dilakukan dengan menyediakan link WhatsApp Group bagi mahasiswa dan alumni yang memiliki hambatan dalam karir.

Melalui program tersebut, mahasiswa dan alumni dapat melihat informasi lengkap terkait syarat serta ketentuan yang diberikan oleh perusahaan mitra. Hal ini selaras dengan tugas dan peran PJK USU sebagai penyalur lapangan pekerjaan yang sesuai bagi mahasiswa akhir, fresh graduate, maupun alumni USU.

“Dengan adanya bimbingan karir yang diadakan oleh PJK ini, saya merasa lebih terbantu dan membuka pandangan saya terkait hal baru yang berhubungan besar dalam karir, terutama personality diri saya sendiri sebagai pelamar kerja,” ucap Kamla selaku pendaftar bimbingan karir sekaligus alumni dari program studi Teknik Kimia USU.

Diharapkan PJK-USU dapat melaksanakan kegiatan Bimbingan Konseling Karir ini secara rutin di setiap tahunnya. Dengan adanya kegiatan ini, dapat membuahkan sarana yang solutif atas masalah dan keresahan mahasiswa maupun alumni mengenai prospek karir yang akan dijalani.

(Redaktur Tulisan: Rani Sakraloi)

Leave a comment