Intan Husnul Khatimah

Pijar, Medan. Mafia, satu kata yang bisa membuat orang-orang takut saat mendengarnya. Perkumpulan rahasia yang bergerak di bidang kejahatan (kriminal), itulah arti kata mafia dalam kamus besar Bahasa Indonesia. Menakutkan, namun terlihat unik dan menarik saat dijadikan cerita dalam sebuah serial drama korea.

Cerita mafia tersebut dikemas dengan apik dalam drama korea berjudul Vincenzo. Drama yang diperankan oleh Song Joong Ki ini terbilang sangat sukses dalam penguasaan tayangan teratas daftar drama mingguan paling menarik selama tiga pekan berturut-turut. Data yang dirilis oleh Good Data Corporation untuk peringkat mingguan drama Korea ini menunjukkan bahwa Vincenzo tetap menduduki posisi pertama.

Berawal dari Park Joo Hyeong (Song Joong Ki) seorang anak yang pada saat berumur 8 tahun diadopsi dan pindah ke Italia. Ia berganti nama menjadi Vincenzo Cassano dan bekerja sebagai pengacara dan mafia consigliere (penasihat atau konselor bos) yang terkenal kejam di Italia. Namun, akibat pertikaian besar antar kelompok mafia yang pecah, ia memutuskan untuk kembali ke Korea, tanah kelahirannya.

Bukan tak beralasan dan tanpa tujuan, Vincenzo kembali ke Korea dengan rencana yang besar, yaitu mengambil puluhan tos emas yang tersimpan di bawah sebuah gedung bernama Geumga Plaza. Namun rencananya itu tak berjalan mulus seperti yang ia perkirakan. Hal itu karena ternyata gedung tersebut akan diruntuhkan secara paksa untuk membuat sebuah menara oleh perusahaan yang bernama Babel Group. Penduduk plaza yang awalnya tak mengetahui identitas asli Vincenzo serta emas yang ada di bawah gedung tidak terima dan berusaha mempertahankan tempat mereka itu dengan bantuan Vincenzo yang menyamar sebagai pengacara.

Babel Group yang selama ini menutupi keburukannya dengan bantuan Firma Hukum Wusang pun perlahan-lahan mulai terbongkar ke publik berkat adanya Vincenzo dan Hong Cha Young (Jeon Yeo Bin), seorang pengacara cantik yang akan melakukan segala hal demi memenangkan kasusnya. Jang Joon Woo (Ok Taec-yeon) yang merupakan bos dari Babel Group pun tak tinggal diam dan tak segan menghabisi orang yang mengusik hidupnya. Cara demi cara terus dilakukan untuk mempertahankan harga diri dan perusahaannya.

Drama Korea berjumlah 20 episode ini mempunyai alur cerita yang menarik, tidak membosankan, dan sangat tidak terduga. Drama ini juga tetap menampilkan percikan-percikan cinta antara Vincenzo dan Hong Cha Young. Ketampanan Song Joong Ki dan Ok Taecyeon pun tak lepas dari perhatian.

Kerja sama antara Vincenzo, Hong Cha Young, dan penduduk Geumga Plaza dalam mengungkap kasus dan membalaskan dendam terbilang unik karena memakai cara yang tak biasa namun tetap dibalut dengan komedi di dalamnya. Ya, komedi. Penonton pun sempat tertipu awalnya, karena poster dari drama Vincenzo ini berlatar warna gelap, ciri khas dari poster drama action dan kriminal. Siang jadi pengacara, malam jadi mafia, begitulah kiranya.

(Editor: Widya Tri Utami)

Leave a comment