Asti Febriana

Pijar, Medan. Zaman sekarang, bermain sepatu roda sudah tidak asing lagi di telinga kalangan anak muda. Namun masih banyak yang belum menyadari bahwa bermain sepatu roda bukan hanya sekedar untuk bersenang-senang agar terlihat keren, melainkan juga bagian dari olahraga.

Olahraga satu ini juga sangat digemari banyak orang karena selain baik untuk tubuh, sepatu roda atau Roller Skate juga dapat menjadi alat transportasi jarak dekat dan bukan hanya itu, sepatu roda juga sudah menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) pada gelaran Asian Games 2018 lalu.

Tentu saja banyak manfaat yang didapatkan tubuh dengan bermain Roller Skate. Pertama, dapat membakar lemak, cara ini adalah solusi yang tepat untuk menurunkan berat badan secara perlahan karena hanya dengan bermain sepatu roda selama satu jam dapat membakar 300-600 kalori.

Selain itu, bermain sepatu roda dapat memperkuat otot tubuh bagian bawah serta bagus untuk sendi. Saat bermain sepatu roda tentunya beberapa bagian tubuh seperti kaki, otot punggung bawah, dan perut agak sedikit membungkuk kemudian condong ke bawah agar dapat melaju dengan baik. Nah, saat itulah otot tubuh bagian bawah bekerja dan memperkuat sendi-sendi pada tubuh.

Olahraga ini juga membuat tubuh mengelola insulin dengan baik, karena saat meluncur pastinya tubuh aktif bergerak. Olahraga sepatu roda juga mampu membantu menurunkan kadar glukosa darah, dan sekaligus mengurangi stress, serta menimbulkan rasa bahagia. Saat perasaan itu muncul, hormon endorfin pada tubuh dapat membantu meningkatkan konsentrasi saat bermain.

Bermain sepatu roda juga memerlukan keseimbangan yang sangat ekstra dan membutuhkan koordinasi tubuh yang baik, yang meliputi tangan, kaki dan mata. Saat itulah tubuh melatih dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

Tentunya manfaat yang dirasakan dengan bermain sepatu roda tidak datang dengan instan, karena banyak orang mengira bahwa olahraga ini mudah dan sangat gampang untuk dilakukan, tetapi tentu saja itu hanya persepsi amatir karena nyatanya sepatu roda sangat sulit untuk ditaklukkan pada awalnya. Lalu, dibutuhkan keseimbangan tubuh yang benar-benar ekstra serta pastinya akan melewati proses jatuh dan bangun. Maka dari itu, kita harus melalui latihan yang panjang untuk bisa memainkan sepatu roda dengan baik, namun jangan takut untuk mencoba karena olahraga ini termasuk ke dalam olahraga yang minim cedera karena gerakan-gerakan yang dilakukan tidak terlalu berbahaya. Sebelum bermain sepatu roda alangkah baiknya kita juga memperhatikan beberapa aspek lainnya agar nyaman saat melakukan olahraga ini.

Berikut beberapa tips bermain Sepatu Roda yang aman dan menyenangkan:

  1. Tentunya harus memiliki sepatu roda, namun harus diingat bahwa ukuran sepatu roda harus diutamakan, karena sepatu yang tidak pas baik itu kekecilan atau malah kebesaran dapat melukai telapak kaki dan menyulitkan saat meluncur.
  2. Kenakan peralatannya, di antaranya helm pelindung kepala dan bantalan pergelangan tangan juga lutut.
  3. Mengatur posisi tubuh dengan membuka kaki selebar bahu lalu lutut dan punggung sedikit ditekuk, agar memudahkan untuk meluncur.
  4. Pilihlah trek yang landai untuk Anda yang pemula.
  5. Jangan lupa untuk tetap pemanasan, tentunya setiap olahraga semua diawali dengan pemanasan agar terhindar dari cedera dan tubuh yang kaku.

Selain itu, saat bermain harus mengutamakan keselamatan dengan mengenakan helm dan alat pelindung lutut dan juga siku agar mencegah benturan yang terjadi. Tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan mereka yang sudah mahir bermain sepatu roda, jangan sampai karena segan bertanya malah jadi sesat di jalan.

(Editor: Muhammad Farhan)

Leave a comment