Indah Ramadhanti

Pijar, Jakarta. Medcom.ID mengadakan siaran langsung melalui Instagram mereka @medcom.id pada Senin (26/04) pukul 16.00 WIB. Acara yang berlangsung tiga puluh menit lebih cepat dari rencana yang sudah ditentukan ini mengusung tema “Puasa Jalan, Konten Jalan.”

Sebelumnya, acara ini merupakan bagian dari segmen Medcom.ID yaitu Ngobrol Asik Sambut Iftar Ala Medcom (Ngobras SIAM). Adapun tujuan diselenggarakannya yaitu untuk berbagi pengalaman sebagai content creator yang harus membuat konten secara optimal dan berbagi waktu dengan keluarga terutama di bulan Ramadan pada masa pandemi.

Siaran langsung tersebut dipandu oleh host Cahyandaru Kuncorojati selaku Jurnalis Tekno Medcom.ID dan mengundang pembicara seorang content creator Fenny Astri, sekaligus pemilik akun channel Gadget Empire di Instagram dan YouTube. Gadget Empire merupakan sebuah platform yang aktif memberikan ulasan seputaran gadget dan sudah hadir sejak tahun 2017. Kegiatan ini dilakukan dengan komunikasi dua arah yang juga melibatkan para penonton.

Fenny mengatakan bahwa setiap ada launching suatu produk, ia selaku pemilik dari Gadget Empire selalu diundang ke berbagai daerah maupun luar negeri untuk memberikan ulasan. Namun dikarenakan pandemi, semuanya berubah dan harus serba daring. Apalagi sebagai content creator ia juga merasa kekurangan footage untuk kontennya, terutama suasana pada saat launching yang biasanya ramai kini sudah tidak lagi.

“Kalau produk globalnya bikin launching, biasanya kita diundang launching. Tapi kalau untuk launching produk lokalnya masih sama aja walaupun semuanya sekarang serba via online,” ujar Fenny.

Fenny juga mengatakan sebelum pandemi, launching diadakan secara offline dan masih bisa bertukar pikiran serta berkumpul bersama reviewer dan para wartawan senior. Namun saat pandemi menimpa, ia merasa vibes-nya berkurang karena hanya bisa membuat ulasan di rumah saja.

Namun, adanya pandemi bukan menjadi sebuah halangan dalam membuat konten. Menurut Fenny, konsistensi membuat konten setiap minggunya tidak berubah dan lancar-lancar saja hanya beberapa kali ia merasa mentok dan bosan.

“Biasanya kita bisa experience kemana-mana. Kalau experience bisa sampai malam, nyobain kameranya. Ini agak terbatas disitu. Rata-rata smartphone sekarang kan experience-nya di kamera. Biasanya kalau experience kamera kita bisa bawa ke alam, mau kemana-mana gitu,” tambahnya.

Pada masa pandemi seperti ini, Fenny membagi waktu membuat konten dan keluarganya dengan terencana. Biasanya take gambar ia lakukan pada siang hari, namun pada saat ini dilakukan di malam hari. Voice over juga dilakukan pada malam hari karena pada siang hari ia mengawasi anak-anak belajar.

“Jadi kita itu waktunya kebalik. Jam tujuh malam itu kita baru mulai start kerja. Dari mulai pengeditan, ngambil gambar, semuanya tuh kita mulai dari jam tujuh malam,” jelasnya.

Fenny juga dibantu oleh Budi, suaminya, dalam membuat konten. Pada bulan Ramadan seperti ini, Budi menyunting gambar pada siang hari dan Fenny menyiapkan makanan untuk berbuka puasa. Jadi pada malam hari, waktu hanya digunakan untuk shooting.

Siaran langsung ini ditutup dengan harapan Fenny yang menginginkan pandemi dapat segera berlalu, sehingga ekonomi bisa cepat pulih. Ia juga berharap Indonesia dijauhkan dari bencana yang menimpa hampir setiap minggunya. Sedangkan untuk dirinya dan channel Gadget Empire sendiri, ia berharap semoga tetap sehat dan terus bisa berkarya agar para pendukungnya tidak cepat bosan menonton karyanya di channel YouTube Gadget Empire.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Leave a comment