Fotografer: Dasmida

Pelantikan Dewan Pengurus Daerah GEBU Minang Kota Medan Periode 2020–2025

Dasmida

Pijar, Medan. Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (GEBU) Minang merupakan organisasi kesukuan yang dipimpin oleh Dr. H. Oesman Sapta Dt Bandaro Sutan Nan Kayo, Ketua Umum GEBU Minang. Lembaga ini berpusat di Jakarta dan memiliki beberapa kantor perwakilan di daerah, salah satunya terletak di Sumatra Utara.

Tepat pada 25 Maret 2021, GEBU Minang mengadakan pelantikan Dewan Pengurus Daerah Minang Kota Medan untuk kepengurusan tahun 2020-2025 yang bertempat di Ati Cut Meutia, JL. A.H. Nasution Nomor.19, Medan Johor. Mengangkat tema “Bangkit dan Tegaskan Kolaborasi Entrepreneur Minang dengan Pemerintah Kota Medan”, membuat GEBU Minang menghadirkan beberapa orang Minang asli yang memiliki pengaruh besar di Kota Medan. Di antaranya adalah Ok Zulfi selaku Kepala Dinas Kebudayaan, yang menggantikan kehadiran Wali Kota Medan. Kemudian, turut hadir Indra Utama selaku Ketua Dewan Penyantun GEBU Minang SUMUT, Prof. Ir. Ilmi Abdullah, M.Sc. selaku Dewan Pakar GEBU Minang Medan, M. Alfirdian Sastra, S.T. selaku sekretaris DPD GEBU Minang Kota Medan, serta Syarifuddin Siba, S.H., M.Hum. yang merupakan salah satu tokoh besar Melayu.

Pelantikan Dewan Pengurus Daerah Minang Kota Medan Tahun Kepengurusan 2020-2025 yang dilakukan oleh Putrama selaku Ketua DPW GEBU Sumut. (25/3) (Fotografer: Dasmida)

Pelantikan ini dilakukan juga semata-mata agar para masyarakat Minang yang merantau dapat dengan mudah melakukan kerja sama ataupun untuk menumbuhkan ekonomi di Kota Medan. “Masyarakat Minang sangat akomodatif, adanya penyesuaian yang tinggi mengenai entrepreneur Minang akan memudahkan para orang Minang dalam melakukan kerja sama dan dapat menumbuhkan ekonomi di Kota Medan,’ ujar Putrama selaku Ketua DPW GEBU Sumut.

GEBU Minang juga melakukan kerja sama dengan Pemko Medan yang salah satu program tersebut adalah program kerja Pemko Medan tentang The Kitchen of Asia. Tujuan dari program tersebut, yaitu untuk membuat sentral-sentral produk UMKM yang akan disebar ke seluruh kelurahan yang ada di Kota Medan.

Meskipun pelantikan dilakukan secara tatap muka, namun para anggota GEBU Minang tetap menerapkan protokol kesehatan. Di mana, mereka tetap menjaga jarak dan menggunakan masker. Tidak hanya itu, pelantikan ini juga sekaligus melaksanakan penandatanganan MOU dengan salah satu perguruan tinggi di Kota Medan, yaitu ATI Cut Meutia. ATI Cut Meutia memberikan ruang kepada GEBU Minang untuk mengembangkan SDM, melakukan pelatihan, serta uji sertifikasi yang bisa memberikan dampak langsung demi meningkatkan SDM anggota GEBU Minang tersebut.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *