Fiki Naki, Berawal dari Kegemaran hingga Dikenal Banyak Orang

Sumber Foto: instagram.com/fikinakii

Naomi Adisty / Azka Fikri

Pijar, Medan. Melesatnya perkembangan media sosial yang tak hanya sekadar fitur video biasa. Kini telah hadir media sosial yang tengah digandrungi, yakni Ome Tv. Aplikasi tersebut berbasis video percakapan yang memungkinkan penggunanya untuk bertemu dan berkenalan dengan orang asing dari segala penjuru dunia. Sehingga tak jarang kita menemui orang secara acak dari berbagai macam latar belakang hidup, budaya, hingga bahasa.

Hal tersebut ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh seorang pemuda asal Pekanbaru, Muhammad Fiqih Ayatullah. Pemuda yang kerap disapa Fiki Naki ini adalah seorang Youtuber dengan memanfaatkan Ome Tv sebagai kontennya. Video percakapannya di Ome Tv dengan orang asing kerap ia bagikan di kanal Youtube miliknya.

Remaja kelahiran Pekalongan ini tengah menyita perhatian publik dengan kemampuannya dalam berbahasa. Ia mampu berbicara dengan berbagai bahasa asing, mulai dari bahasa Inggris hingga bahasa yang termasuk kategori bahasa tersulit di dunia, Rusia. Tidak hanya itu saja, pria yang sedang menempuh pendidikan di UIN Sultan Syarif Kasim Riau ini juga memahami bahasa Romania, Kazakstan, Spanyol, dan Mandarin.

Ternyata, kepiawaiannya dalam berbahasa ia dapatkan dengan cara otodidak. Melalui video di kanal Youtube miliknya, ia mengaku bahwa ia belajar bahasa sendiri di rumah melalui video di Youtube.

Setelah belajar bahasa asing tersebut, ia langsung mempraktikkan kemampuan bahasanya dengan orang asing di Ome Tv agar semakin fasih. Benar saja, pengucapan dan aksen yang dia gunakan pun diakui oleh orang asing yang ia temui di Ome Tv.

Bahkan ada kejadian di mana ia berpura-pura tidak mengetahui sebuah bahasa ketika berjumpa dengan orang setempat. Orang asing tersebut berbicara menggunakan bahasa Rusia, namun tidak lama kemudian Fiki menjawabnya dengan bahasa yang sama. Sontak membuat orang asing tersebut kaget dan banyak yang mengatakan pengucapan dan pelafalan bahasanya seperti penutur aslinya. Bahkan ada yang mengakui bahwa bahasa Rusianya Fiki lebih baik daripada dirinya.

Fiki pun ternyata tidak hanya populer di Indonesia saja, tetapi ia cukup terkenal juga di Jerman dan Rusia. Remaja ini selalu bertemu dengan orang asing. Salah satu videonya ada bagian di mana seseorang mengatakan bahwa Fiki Naki cukup populer di TikTok Jerman. Bahkan ada wanita Rusia yang mengaku tertarik belajar bahasa Indonesia dari kanal Youtube milik Fiki.

Kepiawaiannya dalam berbahasa pun didukung dengan kemampuannya yang cukup pandai membawa suasana ketika melakukan interaksi dengan lawan bicara, terlebih ketika ia menggombali seorang wanita. Melalui aksinya itu, dirinya dinobatkan oleh penonton Youtube-nya sebagai “buaya internasional”, sebab pria yang berusia 20 tahun itu dinilai sangat mudah menaklukkan hati wanita asing.

“Fiki Naki yang sedang mengobrol dengan orang Rusia di Ome Tv yang ia bagikan di kanal Youtube-nya. ” (Sumber Foto: Youtube/Fiki Naki)

Namun, aksinya itu jugalah yang memotivasi sebagian penontonnya untuk belajar bahasa asing lebih banyak dengan giat, seperti komentar akun @ramziedecade, “Aku pengen bisa bahasa bermacam-macam seperti dia, makasih bang sudah memotivasiku”.

Dengan kemampuannya tersebut, pelanggan kanal Youtube miliknya naik cukup pesat hingga 1,35 juta subscribers dalam waktu kurang dari 2 bulan. Sayangnya, kanal Youtube miliknya telah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga kanal Youtube-nya lenyap begitu saja. Namun, hal ini sedang ia proses dengan pihak terkait, Youtube.

Salah satu hal yang dapat dipetik dari Fiki Naki adalah pemanfaatan teknologi media baru dengan sebaiknya. Kecanggihan teknologi dan beragam sosial media tak hanya sebatas hiburan semata saja. Namun, bila kita bijak menggunakannya maka dunia pun dapat digenggam, sebab banyak informasi dan wawasan yang akan kita dapatkan di sana.

(Editor: Rassya Priyandira)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *