Di Balik Hadirnya 4 Perempuan dalam Lagu Reflection

Sumber Foto: QR Poster Joox

Yulia Kezia Maharani / Erizki Maulida Lubis

Pijar, Medan. Disney Indonesia memilih empat penyanyi muda Tanah Air, yaitu Yura Yunita, Nadin Amizah, Agatha Priscilla, dan Sivia Azizah untuk berkolaborasi dalam menyanyikan lagu “Reflection”. Lagu ini merupakan original soundtrack dari film Disney Mulan yang kembali digarap dengan versi live-action. Film ini sudah tayang pada 4 Desember lalu di Disney+ Hotstar.

Sebelumnya, lagu “Reflection” pertama kali dinyanyikan oleh Christina Aguilera pada tahun 1998 untuk OST Disney Animation Mulan. Ia juga telah merilis versi terbarunya yang lebih berat dan matang pada bulan Agustus lalu. Namun kali ini, penyanyi Indonesia juga tak kalah sukses me-recycle lagu “Reflection” tersebut. Hingga saat ini, lagu “Reflection” telah meraup 4,7 juta penonton sejak awal perilisannya pada hari Jumat (20/11/2020) melalui kanal Youtube Disney Indonesia serta platform musik lainnya.

Who is the girl i see staring straight back at me

When will my reflection show who i am inside

Seperti yang kita ketahui, OST film Mulan ini menceritakan tentang seseorang yang selalu berpura-pura menjadi orang lain hingga pada akhirnya ia ingin menunjukkan sifat aslinya. Kembali menjadi dirinya sendiri, bukan dirinya yang palsu. Terbukti dari lirik yang dilafalkan.

I am now in a world where i have to hide my heart and what i believe in

But somehow i will show the world what’s inside my heart and be loved for who i am

Dewasa ini, makna lagu tersebut juga hampir sesuai dengan kehidupan kita. Kita merefleksikan diri, namun kita tidak mengetahui siapa kita sebenarnya. Banyak pesan moral yang dapat kita petik dari lagu tersebut, salah satunya jangan malu menunjukkan diri kita yang sebenarnya dan jangan takut bersuara. Maka dari itu, lagu ini mengajak kita untuk menjadi dan mencintai diri kita sendiri.

Berbeda dengan Christina Aguilera, sebelumnya ia menyanyikan lagu ini secara tunggal dengan menggunakan gaya strong dan bold. Kali ini, Nadin, Yura, Sivia dan Pricilla mengemas lagu “Reflection” dengan menyatukan karakteristik mereka satu sama lain, sehingga menciptakan harmonisasi yang indah dalam lagu tersebut.

Yura Yunita sempat menjelaskan bahwa mulanya, proyek Reflection ini digarap dengan konsep solo, seperti versi asli Christina Aguilera. Namun karena ingin mengadaptasi konsep perempuan kuat yang saling menguatkan, Disney memutuskan untuk mengubah konsep menjadi empat penyanyi dengan karakteristik yang berbeda.

Diketahui Yura memiliki suara yang mature dan powerfull, Nadin dengan karakter magis yang menyentuh serta unik, Sivia yang dikenal dengan Queen of Improvisation serta kelembutan suaranya yang mampu membawa pendengarnya ke dalam Disney Vibes, dan Pricilla yang memiliki karakter suara sweet dan deep. Dengan kekuatan masing-masing karakter, secara tidak langsung lagu ini mampu memotivasi para perempuan untuk saling menguatkan dan membuktikan pada dunia bahwa perempuan itu kuat.

Banyak yang berkomentar bahwa lagu yang dinyanyikan oleh Nadin, Yura, Priscilla dan Sivia ini membuat mereka para pendengarnya menjadi candu. Keempatnya dapat membawakan lagu sesuai dengan kompilasi, proporsi, dan karakteristik masing-masing. Video musik yang disuguhkan juga benar-benar eksklusif, disertai dengan penjiwaan para penyanyi yang sangat apik. Semuanya dipersiapkan sedemikian rupa, baik dalam penyajian audio maupun visual.

Rasa bangga dan senang pun tidak bisa disembunyikan dari keempat penyanyi tersebut. Mereka mengungkapkan bahwa suatu kehormatan bagi mereka untuk mewakili Indonesia dalam berkolaborasi dan terlibat pada proyek tersebut.

(Editor: Widya Tri Utami)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *