Pentingnya Tiga Kata Ajaib: Terima kasih, Maaf dan Tolong

Sumber: pinterest

Dewi Ayu Muniarty/Sherenika Azalia

Pijar, Medan. Terima kasih, maaf dan tolong merupakan tiga kata ajaib yang sering terlupakan, bahkan dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal dalam kehidupan sehari-hari, seharusnya tiga kata ini sering digunakan untuk menghargai orang lain. Tiga kata ini dijuluki sebagai three magic words yang bisa membuat orang yang mendengarnya merasa senang dan dianggap terhormat.

Dari ketiga kata ini, kata yang dianggap memiliki kekuatan paling besar adalah kata “terima kasih” di mana orang-orang yang menerima kata tersebut merasa seperti menerima sebuah hadiah. Ungkapan kata terima kasih seharusnya diungkapkan secara khusus dan tulus. Kata terima kasih yang tulus dan antusias, akan mendorong seseorang untuk semakin banyak memberi kepada orang lain.  Tatapan mata yang lembut disertai senyum dan jabat tangan yang erat sambil mengungkapkan kata terima kasih, memiliki kekuatan yang luar biasa bagi orang yang menerimanya untuk berbuat lebih baik lagi, lagi dan lagi.

Ungkapan kedua adalah kata maaf. Kata ini merupakan yang paling sulit untuk dikeluarkan dari mulut seorang manusia. Padahal pada dasar kehidupan sehari-hari, manusia merupakan makhluk yang tidak luput dari kesalahan. Namun, karena ego manusia yang lebih tinggi, kita seringkali enggan untuk mengucapkannya. Dengan kata maaf, kita dapat meruntuhkan ego yang ada dalam diri kita. Kita juga akan jadi lebih mengerti bahwa selain perasaan kita sendiri, ada perasaan orang lain yang harus kita jaga dan hormati sehingga kita lebih berhati-hati untuk melakukan suatu hal yang tidak hanya menyangkutkan diri sendiri, melainkan ada orang lain. Menggunakan kata maaf bukan berarti kita kalah dan lemah, justru dengan menggunakan kata inilah yang menjadi pemenang sejatinya. Jadilah pemberani dan meminta maaf lah terlebih dahulu, jika tahu melakukan kesalahan.

Kata ajaib lainnya adalah kata tolong. Dalam kegiatan sehari-hari, kita pasti membutuhkan bantuan orang lain, baik secara terduga maupun secara tidak terduga. Maka, akan sangat baik ketika meminta bantuan tersebut kita menggunakan kalimat yang mengandung kata tolong di dalamnya. Faktanya, menggunakan kata tolong tidak akan membuat diri kita rendah, dan justru akan terdengar sangat sopan dan justru membuat orang yang kita butuhkan bantuan bantuannya merasa dihargai. Sebaliknya, meminta bantuan tanpa menggunakan kata tolong jutru akan membuat diri kita seolah semena-mena terhadap orang lain dan membuat orang yang dimintai bantuan merasa kesal.

Pada akhirnya, kita mulai menyampingkan budaya yang telah turun-temurun ini. Sebagian dari kita bahkan mungkin merasa kombinasi dari kata terima kasih, maaf dan tolong sudah dianggap tidak terlalu penting.

Padahal, ketiga kata ajaib ini berlaku untuk semua orang, baik itu teman, keluarga, dan orang yang berada di sekitar kita. Tidak ada salahnya untuk mulai membiasakan lagi tiga kata ajaib ini. Jangan lupa maaf, tolong, dan terima kasih-nya ya, Sobat Pijar!

(Editor: Diva Vania)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *