Dheandra Hanani Nalsalitha Br Meliala / Azela Nurul Syaf

TikTok menjadi salah satu media yang sangat booming selama masa pandemi Covid-19 ini. Bukan hanya para remaja, orang dewasa bahkan lansia pun sudah mulai menggunakannya. Selain manfaatnya sebagai media rekreatif, TikTok kini mulai menjalar sebagai media edukasi. Edukasi yang diberikan melalui aplikasi ini juga dinilai efektif, karna begitu menarik dan mudah dipahami. Sama halnya dengan Ira Mirawati ini, akun beliau sangat banyak diminati oleh para pelajar dan mahasiswa.

Ira Mirawati merupakan salah satu dosen yang mengajar di Universitas Padjajaran. Beliau menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Manajemen Komunikasi Fikom Unpad. Dosen yang terkenal ramah dan ceria ini semakin viral di dunia maya berkat konten TikTok beliau yang sangat mengedukasi. Kini nama Bu Ira sudah sangat populer di kalangan pemain TikTok.

Bu Ira sangat memanfaatkan aplikasi ini untuk memberikan banyak pengetahuan seputar dunia perkuliahan, khususnya skripsi. Melansir laman kumparan.com, Bu Ira mengatakan bahwa konten edukasi ini pertama kali dibuat karna adanya dorongan dari mahasiswa beliau. “Saya menemukan TikTok dari hasil diskusi dengan mahasiswa di kampus. Setelah menjajal untuk membuat konten video, akhirnya saya pakai sebagai media edukasi,” ujarnya.

Pada awal pembuatan konten edukasi, Bu Ira sendiri menilai bahwa kontennya terlihat lebih serius dan membosankan. Melihat anak jaman sekarang yang tidak suka digurui, sehingga membuat beliau perlahan membumbui videonya dengan sedikit candaan. “Awal-awal bikin, konten saya serius. Belakangan saya sadar kalau anak-anak muda sekarang enggak suka digurui. Jadi akhirnya saya coba nyelipin humor di dalamnya supaya nyambung sama apa yang mereka alami,” tuturnya pada kumparan.com.

Tak banyak yang tahu. Selain menjadi tiktokers, Bu Ira juga memiliki situs web yang bernama Sobatmu.com. Situs web ini sudah dikembangkan sejak tahun 2015 yang digunakan sebagai media konsultasi bagi para remaja. Sobatmu.com ini merupakan hasil penelitiannya bersama Drs. Pramono Benyamin, M.Pd. Situs ini dapat diakses oleh siapa pun. Bu Ira juga pernah membuat jurnal yang diberi judul “Media Konsultasi Online sebagai Alternatif Upaya Penanganan Masalah Remaja”. Di dalam jurnalnya, beliau membahas betapa pentingnya media konsultasi online ini bagi remaja. Di dalam jurnal yang terbit pada tahun 2015 silam, beliau juga banyak menyinggung situs web yang telah dibuatnya ini.

Bu Ira memanfaatkan jagat maya dengan sangat positif. Mulai dari pembuatan konten edukasi, situs web untuk konsultasi dan masih banyak lagi. Sebagai seorang dosen, Bu Ira benar-benar menunjukkan citra positifnya. Bu Ira patut dijadikan contoh bagi semua masyarakat dapat memanfaatkan media sosial dengan lebih positif lagi.

(Editor: Rassya Priyandira)

Leave a comment