Deswita Fajarani

“Fashion bisa juga menjadi cara berkomunikasi”-Miuccia Prada

Pijar, Medan. Di era sekarang, perbincangan mengenai kesetaraan pria dan wanita dalam hal pekerjaan bukanlah sesuatu yang baru. Saat ini, pekerjaan wanita tak hanya diperuntukkan bagi wanita, begitupun sebaliknya. Baik kaum pria dan wanita memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk menggeluti passion yang dijadikan pekerjaan dan dapat menghasilkan uang (hobi yang dibayar).

Dengan adanya kesetaraan, kini banyak pria yang terjun ke dunia kecantikan maupun fashion yang dahulu kerap didominasi oleh wanita. Salah satunya adalah Doley Tobing. Ia menjadi sosok pria dibalik gaya berbusana para publik figur yang terkenal di tanah air.

Doley Tobing atau yang akrab disapa Doley merupakan seorang pria yang berkecimpung dalam dunia fashion, yaitu sebagai Fashion Stylist (pengarah gaya). Sebagai seorang fashion stylist, tentu ia yang akan menentukan konsep berpakaian klien agar tampil memukau di hadapan kamera dan khalayak ramai.

Pria asal Medan yang kini bertempat tinggal di Jakarta ini sudah menjadi seorang fashion stylist selama kurang lebih 6 tahun. Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang fashion stylist, dulunya ia hanya bermodalkan kenalan dalam dunia fashion. Bahkan ia juga sempat menjadi pekerja di salah satu perusahaan swasta yang berkaitan dengan fashion, sehingga ruang lingkup kesehariannya adalah tentang fashion.

Ia merasa bahwa dunia fashion adalah jiwanya. Bermula dari kesenangannya dalam mix and match pakaian, akhirnya ia memutuskan untuk menjadi seorang fashion stylist.

Hasil dari ketekunannya dalam menggeluti dunia fashion, ia berhasil menjadi salah satu fashion stylist pria yang berada di balik layar dari penampilan para publik figur yang luar biasa. Mulai dari artis ternama, model, hingga ibu negara. Tidak hanya itu, banyak hal lain juga yang ia lakukan sebagai fashion stylist, seperti pemotretan, film, promosi brand, produksi musik, Yayasan Puteri Indonesia, dan lainnya

Dapat kita lihat dari akun Instagram pribadinya. Beberapa minggu belakangan ini ia kerap menjadi seorang fashion stylist untuk Raden Roro Ayu Maulida Putri atau yang akrab disapa Ayuma dalam ajang Miss Universe. Tak hanya pada klien di tanah air, ia juga menjadi fashion stylist pada publik figur di luar negeri. Ia juga bekerja untuk Mýa Planet 9, yaitu label rekaman independen Amerika yang didirikan oleh penyanyi Amerika Mýa yang saat ini mengembangkan label independennya dengan membuat dan merilis musik.

Perlu kita ketahui bersama bahwa profesi apapun itu tidak memiliki pengaruh terhadap orientasi seksual seseorang. Apapun pekerjaannya, jika memang dikerjakan dengan rasa tanggung jawab, maka akan mencapai hasil yang maksimal. Begitu pula hasil yang telah didapat oleh Doley Tobing. Bahkan kita pasti juga berharap akan ada sosok penerus Doley Tobing yang dapat membanggakan dan berkontribusi untuk negeri ini dalam bidang fashion.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Leave a comment