Septrian A. Tarigan / Jenni Sihombing

Pijar, Medan.  Peringatan Hari Pahlawan yang setiap tahun diadakan secara langsung, kini harus dilaksanakan secara daring. Kementerian Sosial menciptakan terobosan baru yaitu dengan melaksanakan webinar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan melalui kanal Youtube Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) dan platform Zoom meeting pada Senin (09/11).

Kegiatan webinar yang dilaksanakan dalam 12 sesi ini, dimulai dari pukul 09.00 – 23.59 WIB. Sesi ke-7 yang dimulai pukul 17.00-18.30 WIB mengangkat tema “Generasi Muda, Modal Utama Indonesia Maju”. Penyelenggaraan webinar kali ini bertujuan untuk memotivasi kalangan muda agar menjadi generasi muda yang dapat memajukan Indonesia.

Webinar ini menghadirkan tiga orang narasumber yang merupakan keturunan dari para tokoh Pahlawan terdahulu, diantaranya ada Sifra Panggabean, cucu dari Pahlawan Revolusi D.I Panjaitan. Kedua ada Gustika Jusuf Hatta yang merupakan cucu dari Proklamator Moh. Hatta dan yang ketiga ada Ardina Rasti yang merupakan cicit dari Pahlawan Nasional Tirto Adhisuryo.

Kegiatan webinar dibuka dengan pemberian kata sambutan dari Ardianto Wijaya selaku moderator dilanjutkan dengan perkenalan para narasumber. Kemudian, kegiatan kembali dilanjutkan dengan penyampaian kisah teladan para tokoh pahlawan oleh setiap Narasumber.

Dalam penjelasannya, Sifra yang merupakan cucu dari D.I Panggabean memberikan penjelasan mengenai apa yang ia lihat dari sosok opahnya. “Aku banyak dapat kisah opa D.I Panjaitan dari oma. Waktu itu opaku diculik dan ditembak di rumah. Jadi, teladan dari kisah itu adalah untuk mencapai suatu cita- cita atau tujuan, memang membutuhkan pengorbanan. Dari sisi opa aku melihat apa yang dia berikan. Hal itu adalah nyawa dan seluruh pengabdian untuk Indonesia, karena sampai saat ini teladan yang paling utama tak lain ialah sikap rela berkorban,” ujarnya dengan mata berkaca- kaca.

Pendukung:  Pemaparan materi oleh Ardina Rasty, cicit Tirto Adhisuryo pada webinar hari pahlawan yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia pada Senin (09/11) melalui kanal youtube resmi Kemensos RI. (Sumber foto: Dokumentasi pribadi)
Pendukung:
Pemaparan materi oleh Ardina Rasty, cicit Tirto Adhisuryo pada webinar hari pahlawan yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia pada Senin (09/11) melalui kanal youtube resmi Kemensos RI. (Sumber foto: Dokumentasi pribadi)

Kegiatan ini berlangsung dengan sukses. Terlihat dari banyaknya antusias peserta yang memberikan pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang disampaikan oleh peserta, yaitu mengenai apa saja kebiasaan yang jarang sekali diketahui oleh publik dari sosok para Pahlawan. “Sepertinya tentang kebiasaan Bung Hatta sudah banyak yang tahu, tapi mungkin ada hal yang kurang diketahui oleh publik. Misalnya ketika dia duduk di meja makan, dia ngga akan mungkin memakai piyama, dia pasti memakai baju yang pantas untuk dipakai di meja makan,” ujar Gustika Hatta menjawab pertanyaan.

Pertanyaan selanjutnya datang dari akun Wina Sitorus 04110 kepada Ardina Rasti melalui kolom komentar tentang “apakah sosoknya pernah membuat suatu gerakan untuk membangkitkan semangat anak muda untuk mencintai sejarah perjuangan terkhusus sosok Eyang Tirto Adhisuryo?”

“Sebenarnya semua yang mencintai sejarah Indonesia pasti ingin melakukan hal itu, jadi saya pribadi kadang nanya ke teman terdekat tentang pahlawan favorit mereka. Mungkin hal seperti itu kedengarannya simple namun sebenarnya gimana gitu, karena wadahnya kurang. Kalau menurut aku seperti itu, karena apa pun itu jika mempunyai wadah dan ada yang support pasti jauh lebih mudah,” ujar Ardina Rasti.

Acara ditutup dengan pemberian apresiasi kepada peserta dengan pertanyaan terbaik. Selain itu, adanya webinar ini diharapkan diharapkan generasi muda dapat meneladani sifat para Pahlawan dan bersumbangsih penuh demi kemajuan Indonesia.

 

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Leave a comment