Audisi Calon Rektor Universitas Sumatera Utara Periode 2021-2026

Sumber : instagram @official.usu

Yulia Kezia Maharani / Lolita Wardah

Pijar, Medan. Universitas Sumatera Utara (USU) kembali menyelenggarakan audisi Calon Rektor Universitas Sumatera Utara Periode 2021-2026 di Auditorium USU pada Selasa (24/11) yang berlangsung secara live streaming YouTube.

Audisi ini dihadiri oleh Prof. Dr. Runtung, SH, M.Hum (Rektor USU), Majelis Wali Amanat (MWA), Senat Akademik USU, dan civitas akademika USU. Acara ini dibawakan oleh Yosie Indah Yuni, A.Md, Par dan moderator oleh Dr. dr. Elmeida Effendy, M.Ked (KJ)., SP.KJ(K).

Ketua Panitia Penjaringan Calon Rektor USU 2021-2026, Prof. dr. Guslihan Dasa Tjipta, SpA(K) melaporkan bahwa yang lolos seleksi administrasi serta memenuhi seluruh persyaratan terdiri dari enam calon rektor, antara lain: Prof. Dr.dr. Farhat, M. Ked, Dr. Mulyanto Amin, M.Si, Prof. Dr. M. Arif Nasution, Prof. Dr.dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked, Dr. Restu Utama Pencawan, M.Pd, dan M. Sontang Sihotang.

Melalui pernyataan Prof. dr. Guslihan Dasa Tjipta, SpA(K) bahwa dari 6 calon rektor, 2 di antaranya mengundurkan diri. “Pada tanggal 23 November 2020 pukul 12.02 telah mengundurkan diri Prof. Dr.dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar sebagai calon rektor dan pada tanggal 24 November pukul 7.55 tadi pagi telah mengundurkan diri M. Sontang Sihotang sebagai calon rektor juga,” jelas Guslihan.

Acara ini memberikan kesempatan para kandidat untuk memaparkan visi misi dan program kerja mereka. Adapun tata tertib yang diberikan kepada para peserta ialah calon rektor diberikan waktu lima belas menit untuk memaparkan visi misi dan program kerja, satu menit pengajuan pertanyaan dari panelis dan empat menit untuk calon rektor menjawab pertanyaan dari panelis, serta diakhir acara para kandidat calon rektor akan memberikan closing statement selama satu menit.

Para anggota senat USU juga diharapkan dapat menilai dan meninjau lagi program kerja terbaik dari para calon rektor sebagai pertimbangan dalam menentukan tiga calon rektor untuk dikirimkan kepada MWA USU agar lanjut ke tahap selanjutnya.
“Visi misi dan program kerja yang ditawarkan masing-masing calon rektor ini saya harap dapat menjadi pertimbangan kita untuk menentukan pilihan. Karena tujuan kita untuk membangun universitas, bagaimana pembangunan universitas khususnya lima tahun mendatang lebih pesat lagi dari masa rektorat 2016-2021,” ungkap Runtung dalam kata sambutan acara.

Walaupun di tengah situasi pandemi, acara Calon Rektor Universitas Sumatera Utara berjalan dengan baik. Dari acara ini diharapkan dapat terpilih pemimpin yang dapat membangun USU lebih maju lagi, baik dari segi akademik maupun segi infrastruktur serta mampu membawa USU semakin unggul di level nasional dan internasional.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *