Suryani Agata Sitanggang

Pijar, Medan. TikTok menjadi aplikasi yang menuai banyak kontroversi sejak awal kemunculannya pada tahun 2017. Aplikasi ini sempat diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) pada 3 Juli 2018 karena dinilai mengandung unsur pornografi dan ujaran kebencian. Namun, setelah dibuka kembali oleh Kominfo pada 10 Juli 2018, aplikasi TikTok dengan cepat kembali menarik perhatian masyarakat Indonesia. Konten-konten yang tadinya dinilai kurang pantas pun kini telah berubah menjadi lebih kreatif, inovatif, dan mengedukasi.

Para influencer, selebgram, dan public figure secara tidak langsung ikut menaikkan kepopularitasan aplikasi ini. Kini, TikTok menjadi salah satu aplikasi fenomenal yang ramai digunakan oleh masyarakat, terutama generasi milenial dan generasi Z di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah pengguna di Indonesia yang mencapai lebih dari 30 juta sejak September 2020.

Dilansir dari Inet.detik.com, tak hanya di Indonesia, TikTok juga menarik perhatian warga dunia. Sejak Agustus 2020, Tiktok telah diunduh lebih dari 2 milyar kali dan meraup lebih dari 600 ribu pengguna dari seluruh dunia.

Kini, sobat Pijar pasti tidak asing lagi dengan aplikasi karya Zhang Yiming asal Cina ini. Beberapa dari kita juga tentu pernah menggunakan aplikasi ini, entah untuk membuat konten atau hanya sekadar melihat-lihat karya orang lain. Aplikasi TikTok kini semakin populer dan digemari banyak orang dengan beragam usia. Fitur-fitur yang tersedia tidak rumit dan sangat beragam menjadi salah satu alasan mengapa TikTok semakin memikat banyak hati masyarakat.

Walaupun awalnya TikTok sering menjadi perbincangan yang mengarah pada hal negatif, berbeda dengan TikTok di masa sekarang ini. Kini, konten-konten di TikTok lebih beragam. Ada cover dance edukasi, tips-tips, masak-memasak, promosi, kata-kata motivasi, dan genre-genre lainnya. Bahkan, kini TikTok mulai dimanfaatkan dalam dunia pendidikan untuk membuat video materi pembelajaran yang menarik.

Tiktok juga bisa dijadikan sebagai pilihan bagi Sobat Pijar yang ingin menghabiskan waktu serta melepas rasa bosan, jenuh, dan stres. Dengan hanya menggunakan gadget yang kita miliki, kita bisa menonton berbagai vidio menarik, lucu, edukatif dan inspiratif yang bisa menemani kita melewati waktu kosong yang terasa berat karena harus tetap di rumah. Selain itu, TikTok juga dapat dilirik untuk dijadikan sarana promosi jika ingin mencari peluang bisnis.

“Sekarang ini, TikTok isinya tidak hanya hiburan saja seperti cover dance, prank, dan lain sebagainya. Tapi juga sudah menampilkan pelajaran-pelajaran, kata-kata motivasi, dan tips-tips dalam kehidupan sehari-hari yang begitu bermanfaat. Belum lagi, TikTok membuat saya berkeinginan untuk terus mengasah kreativitas saya agar dapat membuat konten yang tidak membosankan,” ujar Yohana Sitanggang, mahasiswa IT Del.

Nah, kehadiran TikTok ini memang sangat baik bagi Sobat Pijar. Namun jangan lupa untuk tetap mengontrol diri agar tidak lupa waktu dan tidak terjerumus ke dalam hal-hal negatif, ya. Selamat berkarya!

(Editor: Diva Vania)

Leave a comment