Savira Dina

Pijar, Medan. Rabu (15/11) Komunitas Amal Sedekah Bareng mengadakan acara “Ngaji Bareng Ustad Somad” di Masjid Al-Jihad Jalan Abdullah Lubis, Medan. Acara ini mengundang antusias dari berbagai kalangan jama’ah, baik yang berasal dari dalam maupun luar Kota Medan. Berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia turut hadir dalam acara ini. Hal ini dikarenakan kedatangan salah satu ustad yang belakangan ini sangat dikenal karena ceramahnya yang ringan namun penuh makna, yakni Ustadz Abdul Somad Lc. Ma.

Walaupun Ustadz Somad selaku penceramah datang pukul 14.50 WIB, namun para jama’ah sudah berdatangan dari pagi hari. Antusias jama’ah ini pun dapat dilihat dari membeludaknya jumlah jama’ah yang hadir, hingga panitia pun harus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dalam hal mengatur lalu lintas. Membeludaknya ribuan jama’ah dapat dilihat dari penuhnya masjid sampai ke jalan.

Ceramah dari Ustadz Somad dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi dengan bedah buku 99 Tanya Jawab Sholat. Pada sesi ini Ustadz Somad menjabarkan sekaligus membahas tentang isi dari buku tersebut. Buku ini bisa kita dapatkan di toko buku ataupun mendownload-nya secara gratis dari internet. Adapun sesi kedua dimulai setelah Salat Isya yang membahas tentang tanya jawab umum. Jama’ah diberikan kesempatan untuk bertanya langsung, dengan cara menuliskan pertanyaan yang ingin mereka tanyakan kepada Ustadz Somad seputar agama. Namun, pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah terlebih dahulu diseleksi oleh panitia.

“Saya sangat kagum dengan beliau, karena mampu menyampaikan ilmu agama kepada masyarakat dengan ciri khas yang ia punya namun ilmu nya sangat bermanfaat. Jadi saya sangat semangat untuk datang hari ini ke sini karena pengen ketemu sama beliau,” ujar salah satu jama’ah yang menghadiri acara tersebut.

Antusias masyarakat akan hadirnya Ust. Abdul Somad Lc, M.A di Mesjid Alhijad Medan Baru (15/11). (Fotografer: Muhammad Abdul Fattah)
Antusias masyarakat akan hadirnya Ust. Abdul Somad Lc, M.A di Mesjid Alhijad Medan Baru (15/11).
(Fotografer: Muhammad Abdul Fattah)

Sebagai informasi tambahan, kehadiran Ustadz Somad di Medan adalah yang pertama kalinya. Dalam ceramahnya, Ustadz Somad mengatakan agar generasi Islam harus menjadi generasi yang nantinya bisa menciptakan kedamaian dalam hidup bermasyarakat.

(Redaktur Tulisan: Maya Andani )

Leave a comment