Hits: 948

Kartika Oktarija Marito

 I’m gonna make a change
For once in my life
It’s gonna feel real good
Gonna make a difference
Gonna make it right

Pijar, Medan. Aku akan membuat perubahan untuk pertama kalinya dalam hidupku. Hal itu pasti terasa hebat, membuat sebuah perbedaan untuk kebenaran. Itulah potongan lirik dari lagu Man in the Mirror yang dipopulerkan oleh Michael Jackson.

Lagu ini merupakan single keempat dari album Solo Ketujuh ‘Bad’ yang dirilis pada Januari 1988. Meskipun bukan karya yang ditulisnya sendiri, lagu ini menjadi salah satu yang paling kritis diakui Michael Jackson dan dinominasikan untuk Record of the Year di Grammy Awards. Dalam liriknya, ia berbicara bagaimana banyaknya masalah di dunia ini dan ingin sekali untuk mengubahnya.

As I, turn up the collar on
My favorite winter coat
This wind is blowing my mind
I see the kids in the streets
With not enough to eat
Who am I to be blind?
Pretending not to see their needs

Seraya menaikkan kerah jaket musim dingin kesukaanku, angin menghembuskan lamunanku. Aku melihat anak-anak dijalanan tanpa makanan yang cukup. Siapakah aku yang menjadi buta? Berpura-pura tidak melihat apa yang mereka butuhkan. Menyambung lirik sebelumnya, Michael mencoba menyampaikan pesan bahwa perubahan tidak semudah layaknya membalik telapak tangan. Kau ingin mengubah dunia tetapi masih buta akan sekitarmu.

I’m starting with the man in the mirror
I’m asking him to change his ways
And no message could have been any clearer
If you want to make the world a better place
Take a look at yourself, and then make a change

Aku memulainya dengan pria di dalam cermin. Aku memintanya untuk mengubah jalannya. Dan tidak ada pesan yang lebih jelas dari ini “Jika kau ingin membuat dunia menjadi sebuah tempat yang lebih baik, coba lihat dirimu sendiri, dan buatlah sebuah perubahan”. Lirik ini menjadi inti dari pesan sebenarnya yang ingin disampaikan Michael Jackson. Pasti pernah terpikir dalam benak kita untuk merubah orang lain, atau berpikir hidup akan jauh lebih baik jika lingkungan sekitar berubah sesuai dengan yang kita bayangkan. Untuk itu lihatlah seseorang di depan cermin dan mintalah pada seseorang dalam cermin tersebut untuk berubah. Perubahan dilakukan dari diri sendiri, bukan orang lain.

Leave a comment