P. Nadya Htg

Pijar, Lampung. Saat pasir putih nan lembut dan laut berpadu. Ketika tubuh Anda tercelup dalam suatu fantasi  yang membuai, maka interaksi dengan ikan-ikan kecil dan terumbu karang di Pulau Tegal, Desa Gebang, Lampung merupakan pengalaman yang amat istimewa.

Kini saatnya Anda mengalihkan wisata tujuan menuju Pulau Tegal yang dikaruniai takaran keindahan lebih dari cukup. Keindahan alam Lampung, secara geografis berbatasan dengan Samudera Indonesia, Selat Sunda dan Laut Jawa yang sangat potensial mendukung pariwisata Indonesia. Pulau Tegal terbentang di Desa Gebang, Kabupaten Pesawan, Lampung dan dihuni oleh sekitar lima belas kepala keluarga. Pulau seluas sembilan puluh delapan hektar ini berjodoh dengan kekayaan biota laut dan terumbu karang yang mengagumkan.

Di sini Anda bisa snorkeling sembari berinteraksi dengan mereka yang  muncul berkelompok dan sudah terbiasa dengan kedatangan para wisatawan. Mulai dari terumbu karang, anemon, clown fish, bintang laut dan bulu babi dapat dengan mudah diidentifikasi secara kasat mata. Ombak tidak terlalu riak dan kondisi air jernih yang dangkal, sangat memungkinkan bagi para pemula kegiatan penjelajah bawah air.

Untuk sampai ke Pulau Tegal, waktu yang bersahabat adalah saat di akhir pekan. Berikutnya dengan menggunakan perahu yang dapat dijangkau dari beberapa titik, yakni pantai mutun (Dua jam perjalanan), BBL Hanura (Satu setengah jam perjalanan) ataupun dari Pantai Sari Ringgung. Dermaga  Sari ringgung merupakan alternatif gerbang awal paling populer menuju pulau yang mulai gencar dikembangkan secara profesional ini. Alasan utamanya karena waktu penyebrangan yang relatif singkat, hanya sekitar dua puluh sampai empat puluh menit perjalanan. Perahu yang digunakan bermuatan sepuluh sampai lima belas orang dengan tarif seratus ribu rupiah.

Paduan laut dan pasir putih Pantai Sari Ringgung, Lampung, Sumatera Selatan.  Fotografer : P. Nadya Htg
Paduan laut dan pasir putih Pantai Sari Ringgung, Lampung, Sumatera Selatan.
Fotografer : P. Nadya Htg

Pantai Sari Ringgung tidak kalah menggugah. Jika Anda akan menghabiskan waktu yang cukup lama, di sekitar pantai banyak tersedia penginapan yang relatif hemat atau dapat  juga sekadar merasakan sensasi camping. Wahana yang ditawarkan sangat beragam dan lengkap, mulai dari banana boat, speed boat, bahkan semacam waterboom pun tersedia dalam menarik kenyamanan pengunjung. Untuk memanjakan perut Anda, di wilayah ini, ada banyak tawaran kuliner mulai dari warung-warung makan sampai restoran spesial.

Belum selesai, masih ada fenomena menarik dan harus disaksikan yaitu pasir timbul yang nyaris menyerupai maldive. Untuk ke sana, Anda dapat menaiki perahu bertarif lima belas ribu rupiah melalui Pulau Tegal. Kawasan pasir timbul sendiri, menjadi landasan unik sebuah masjid yang terapung di tengah laut. Terdapat juga beberapa kawasan keramba ikan di sekitaran masjid yang digunakan penduduk setempat untuk membudidayakan ikan, dalam usaha memenuhi mata pencahariannya.

Banyak destinasi yang dapat dijamah di bagian ujung selatan Pulau Sumatera ini. Namun snorkeling di Pulau Tegal, menikmati wahana di Pantai Sari Ringgung serta fenomena pasir timbul, dapat dijadikan rekomendasi primadona dalam wisata Anda!

Leave a comment