Hendro Joko Pryono

Pijar, Medan. Laga perdana Timnas Indonesia vs Timor Leste, dalam kualifikasi grub H  Pra Piala Asia  usia – 23 tahun, berhasil di menangkan Indonesia dengan skor  yang cukup telak 5 – 0. Pertandingan yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta (29/3) malam tadi, cukup  memberikan hasil yang sangat positif untuk menghadapi laga pertandingan berikutnya menghadapi Brunei Darussalam dan Korea Selatan.

Timnas garuda muda menguasai jalannya pertandingan di babak pertama. Beberapa serangan anak asuh pelatih Fabio Joaquimmampu  dapat di patahkan oleh lini tengah garuda muda, sehingga  tidak mampu masuk kedalam area pertahanan Timnas Indonesia.

Serangan terus di bangun oleh Timnas Indonesia, terbukti pada menit ke-17 , Adam Alis berhasil menyontek bola ke gawang Ramos Ribeiro yang terlalu maju ke depan, sehingga memberikan gol yang pertama untuk Indonesia. Saat pertandingan babak pertama akan berakhir Jesus Reis melanggar Muchlis Hadi di dalam area kotak fenalty sehingga wasit memberikan tendangan di titik putih untuk Indonesia. Manahati Lestusen sebagai algojo berhasil mengeksekusi dan membuat skor berubah menjadi        2 – 0 untuk menutup babak pertama.

Babak kedua berjalan, garuda muda tetap terus mengatur intensitas serangan. Timnas Indonesia mampu unggul cepat melalui Evan Dimas di menit ke 51 , dan Muklis Hadi membawa Timnas unggul empat gol di menit ke 65.

Kelamahan fisik garuda muda menjadi perhatian yang sangat serius  bagi pelatih Aji Santoso, beberapa pemain terlihat begitu lelah di pertengahan babak kedua. Apalagi dengan di kartu merahnya Zulfiandi di menit ke 55 membuat Indonesia harus bermain dengan 10 orang pemain.

Sebelum babak kedua berakhir Hansamu membuat gol di menit ke 85 usai mengeksekusi tendangan mati yang di umpan pendek oleh Muklis dan membuat Timnas unggul 5-0.

Dengan kemengan ini, Timnas Indonesia mampu menyamai gol Korea Selatan yang berhasil menaklukkan Brunei Darussallam dengan lima gol tanpa balas  di pertandingan yang berlangsung sore tadi (27/3).

SUSUNAN PEMAIN

Indonesia: Natshir Fadhil; Putu Gede, Hansamu Yama, Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu; Adam Alis, Evan Dimas, Zulfiandi; Wawan Febrianto, Muchlis Hadi, Ilham Udin.

Timor Leste: Ramos Ribeiro; Raimundo Sarmento, Jorge Sabas, Filipe Oliveira, Agostinho, Ndio Neto; Jesus Reis, Jose Fonseca, Alves Ima; Januario, Henrique Cruz.

Leave a comment