Saatnya FMIPA USU Unjuk Gigi

Reza Andika Putra

Pijar, Medan. Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Matematika dan IPA USU menyelenggarakan FMIPA EXPO, Sabtu (11/01). Acara tersebut mengangkat tema ‘Karya MIPA untuk Negeri’. Bertempat di lapangan parkir depan FMIPA USU, acara ini sudah diselenggarakan sejak hari Senin (6/01) lalu. “Acara ini bertujuan meng-explore bakat-bakat mahasiswa,” ucap Nazli Kamal Pasha Purba, Ketua Panita FMIPA EXPO.

Acara FMIPA EXPO ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan yang sangat menarik. Tidak hanya dikhususkan bagi Mahasiswa FMIPA, acara ini juga menyediakan kegiatan yang dibuka untuk umum. Khusus bagi Mahasiswa FMIPA, turnamen olahraga antar Departemen menjadi kegiatan yang paling ditunggu. Terdapat beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan, diantaranya turnamen futsal, turnamen bola voli dan tarik tambang. Diadakan pula kegiatan tambahan, seperti lomba memasak dan MIPA award.

Selain itu, terdapat acara-acara yang sengaja diperuntukkan untuk umum, diantaranya adalah seminar, donor darah, kompetisi band dan kompetisi stand up comedy. Antusias yang luar biasa terlihat dari peserta yang mengikuti acara-acara tersebut. Selain itu, FMIPA EXPO kali ini juga dimeriahkan oleh penampilan khusus tari tradisional dan beatboxer dari FMIPA USU.

Selain itu, terdapat acara-acara yang sengaja diperuntukkan untuk umum, diantaranya adalah seminar, donor darah, kompetisi band dan kompetisi stand up comedy. Foto : Haritz Ardiansyah

Selain acara-acara tersebut, FMIPA EXPO juga menghadirkan bazar untuk mengisi kegiatannya. Bazar-bazar itu sengaja diadakan guna menambah kemeriahan acara tersebut. Yang menarik adalah terdapat bazar ilmiah yang diikuti oleh UKM Robotik Sikonek FMIPA USU. Bazar ilmiah ini sengaja diikut sertakan guna menampung kreativitas mahasiswa FMIPA Pada bazar ini, UKM Robotik Sikonek USU memperlihatkan penemuan-penemuan mereka, seperti pengukur tinggi badan, pengukur kecepatan angin, robot pemadam api dan robot balance .

Terkait dengan FMIPA EXPO ini, Julina, Mahasiswi Teknik Industri USU, berujar, “Acara ini positif, bagus kalau dipertahankan untuk kedepannya, soalnya untuk menggali kreativitas dari kita mahasiswanya juga, gitu.” FMIPA EXPO ini menjadi salah satu tonggak bagi Fakultas Matematika dan IPA USU untuk menunjukkan keahlian dan kekompakan mereka. Acara seperti ini dapat menjadi acuan munculnya acara-acara serupa, sebagai wadah penampung kreativitas mahasiswa. Diharapkan acara seperti ini dapat terus diselenggarakan, guna memotivasi mahasiswa untuk berkarya.

Leave a comment