Muhammad Kurniawan

Pijar, Medan.Rabu (8/1), Mahasiswa di Universitas Sumatera Utara (USU) membanjiri Gelanggang Mahasiswa untuk menghadiri kuliah umum. Kuliah umum ini mengangkat tema ASEAN Economic Community, yang membahas tentang persiapan Indonesia menuju kerja sama ekonomi antar negara-negara ASEAN. Acara ini dihadiri oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Gita Wirjawan, sebagai pembicara. Acara ini dimulai pukul 11:00 WIB dan bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa tentang ASEAN Economic Community yang akan berlangsung pada tahun 2015. Selain mahasiswa, acara ini juga turut dihadiri pula oleh pihak Rektorat serta dosen-dosen dari berbagai Fakultas di USU.

Pada kesempatan tersebut, Gita Wirjawan berbicara tentang upaya meningkatkan ekonomi Indonesia untuk mengikuti ASEAN Economic Community. “Di Indonesia harus ada pemerataan ekonomi, pendidikan dan kesehatan, yang saat ini belum terlaksana sepenuhnya,” tanggapnya. Beliau juga menambahkan bahwa untuk mencapai tahap itu pertumbuhan ekonomi di Indonesia harus mencapai 5-5,5% setiap tahunnya. Gita Wirjawan menambahkan jika perekonomian Indonesia ingin maju secara pesat dan berkembang, maka rakyat Indonesia harus membeli dan mengunggulkan produk buatan dalam negeri sendiri.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Gita Wirjawan, sebagai pembicara. Acara ini dimulai pukul 11:00 WIB dan bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa tentang ASEAN Economic Community yang akan berlangsung pada tahun 2015. Foto : Edi Maha

Antusiasme sangat luar biasa ditunjukkan oleh peserta yang hadir. Terbukti bahwa kursi yang disediakan Pusat Kajian Kepemudaan dan Kewirausahaan (PK2K) selaku Panitia, tidak dapat menampung keseluruhan peserta. Meskipun sudah menambah jumlah kursi, namun masih banyak peserta yang harus rela duduk di lantai. Namun, hal tersebut tidak menjadi halangan karena ketika penyampaian materi, peserta masih dapat fokus. Terpaut dengan kuliah Bapak Menteri ini, Siti Saodah, Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat berkata, “Materi yang disampaikan bagus, tapi orasi mahasiswa tadi mengganggu.”

Dapat diketahui bahwa kuliah umum Gita Wirjawan ini tidak hanya menarik perhatian Mahasiswa untuk mendapatkan ilmu semata. Terdapat sekelompok Mahasiswa pula yang sengaja datang untuk mengemukakan aspirasi mereka secara ‘langsung’ kepada Menteri Perdagangan tersebut. Hal baiknya adalah pemberian aspirasi yang mereka lakukan tidak sampai pada mengganggu kuliah umum ini secara keseluruhan.

Leave a comment