Pijar, Medan. Dalam rangka mengenalkan cara kerja sistem robot, UKM Robotik Sikonek USU mengadakan workshop bertemakan Sistem Kontrol dan Automasi Berbasis Arduino di LPPM USU Sabtu (26/10). Dalam workshop tersebut UKM Robotik Sikonek memberitahu peserta bagaimana cara kerja sistem kontrol mulai dari yang paling dasar dan bagaimana sistem kontrol Arduino itu dapat menghitung, mengeluarkan suara-suara, mengukur jarak dan menggunakan objek dari jauh tanpa menggunakan sistem pendukung lainnya.

Ada dua robot yang diperkenalkan saat workshop berlangsung yang pertama robot wall follower yaitu jenis robot yang bisa berjalan dengan menggunakan sensor jarak. Nah, kerja robot ini melihat kiri kanannya terlebih dahulu, apabila kosong robot ini akan terus berjalan, setelah ia melihat dihadapannya ada dinding maka ia pun membelok ke arah kiri ataupun kanan yang kosong untuk melanjutkan perjalanannya. Ada juga Line follower, robot ini bekerja mengikuti garis.

Arduino merupakan mikrokontrol yang baru. Di luar negeri sistem ini telah banyak digunakan, seperti Inggris, Spanyol, Amerika. Namun di Indonesia sendiri masih dapat dikatakan langka, dan workshop ini merupakan pertama kalinya diadakan di USU. Sistem kotrol ini  juga dapat bekerja seperti menghidup matikan lampu dengan menggunakan Arduino/tv/laptop dan sensor cahaya.

Kegiatan workshop UKM Robotik Sikonek USU di LPPM USU. Foto : Ama Marini

Ada keunikan yang terdapat pada sistem kontrol berbasis Arduino ini yaitu bisa mengontrol dan mudah ditransfor dengan aplikasi mare lap dan bisa digunakan di aplikasi Arduino itu sendiri. Dibalik keunikan itu juga terdapat kelemahannya yaitu Arduino terbatas dengan kemampuannya. Kita tidak bisa menambahkan kemampuan eksternal, seperti mikro kontrol lainnya.

Pendaftaran untuk workshop ini dibebaskan. Mahasiswa dari berbagai jurusan boleh mengikutinya. Dengan harga tiket Rp 20 ribu Mahasiswa yang memiliki bakat dan keinginan mengenai sistem kontrol dan Arduino dapat mempelajarinya lewat workshop.

Acara berlangsung mulai pukul 10.00 hingga pkl. 17.00 wib. Pemateri pertama Teguh Tri Hantoro, Mahasiswa 2009 Teknik elektro memperkenalkan apa yang dimaksud dengan Arduino. Kemudian dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Dwi Budi Prasetyo yang memperkenalkan bagaimana membuat automasi dan sistem kontrolnya serta bagaimana menggunakan Arduino menjadi nyata. Adapun tujuan workshop ini yaitu untuk mengenalkan UKM Robotik itu sendiri dan sekaligus open recruitment bagi mahasiswa baru.
Untuk melakukan workshop, sebelumnya panitia bingung dalam membuat alat-alatnya karena harus menyesuaikan dengan peserta dan bagaimana mengimplementasikannya. Walaupun begitu mereka berhasil menggaet peserta sebanyak 50 orang untuk mengikuti workshop. Peserta diharuskan membawa peralatan seperti laptop dan lainnya yang digunakan untuk praktikum saat mengikuti workshop.

“Saya berharap mereka mau mendalami sistem kontrol dan dapat bergabung di UKM Robotik ini,” Ucap Sadam Husein selaku Ketua UKM dalam memberikan harapan atas terlaksananya workshop ini. [AM]

1 Comment

  • Dien Tri Andjani
    Posted 28 Oktober 2013 22:48 0Likes

    sayang sekali gak dapat info workshopnya, padahal ingin ikut…

Leave a comment