Putra Nababan sedang memberikan Pelatihan Jurnalistik kepada mahasiswa yang hadir di Pendopo USU pada Kamis (4/4) silam. Foto : Nadya Vristissya.

Pijar, Medan. Rangkaian acara yang bertajuk Metro Tv On Campus adalah hasil kerjasama Departemen Ilmu Komunikasi dengan Metro Tv yang dilaksanakan pada 3-5 April 2013 di Universitas Sumatera Utara. Sebanyak 2500 peserta dari berbagai kalangan tampak antusias mengikuti sejumlah rangkaian acara tersebut.

Hal ini terlihat saat mereka rela menunggu lama, berpeluh dan berdesak-desakan agar dapat mengikuti  Metro Tv On Campus yang terdiri atas tiga rangkaian acara dan diadakan selama tiga hari tersebut. Sejumlah rangkaian acara yang dimaksud seperti Open-Mic, Pelatihan Jurnalistik, dan syuting off air Mata Najwa yang diselenggarakan di tempat berbeda yaitu di Pendopo USU dan Auditorium USU.

Menurut pantauan tim mediapijar.com di lapangan, sejak acara ini dibuka pada 3 April 2013 lalu antusias para peserta meningkat pada hari kedua dimana para peserta datang untuk mendapatkan pelatihan jurnalistik dari Metro TV. Apalagi pelatihan tersebut diberikan oleh presenter-presenter kondang seperti Putra Nababan, Sumi Yang dan Yohana Margaretha.

Suasana Pendopo USU semakin memanas saat Putra Nababan memasuki area Pelatihan Jurnalistik, sontak para peserta histeris melihat langsung presenter favorit mereka itu. Disela-sela menyampaikan materi pelatihannya, Putra Nababan mengaku senang dapat membagi ilmu dengan para peserta pelatihan jurnalistik Metro Tv On Campus yang hadir dengan semangat yang luar biasa. Tidak hanya itu, presenter yang pernah mewawancarai Presiden Amerika,  Barack Obama, juga mengaku bahwa ini merupakan kali pertamanya berkunjung ke Universitas Sumatera Utara.

“Ini pertama kali saya datang ke USU dan saya melihat semangat kalian luar biasa,” ujarnya di atas panggung.

Para mahasiswa sedang menyaksikan video yang diputar saat Pelatihan Jurnalistik di Pendopo USU. Foto : Nadya Vristissya.

Selama pelatihan yang berlangsung selama empat jam tersebut, tidak sedikitpun semangat para peserta luntur untuk terus menyimak materi yang disampaikan oleh para pesenter yang sesekali menyelipkan pengalaman mereka untuk dibagi kepada para peserta. Para presenter pada masing-masing sesinya dihujani pertanyaan dari para peserta yang penasaran dengan dunia jurnalistik.

“Acara ini bagus sekali, saya mendapatkan ilmu dan menjadi tahu tugas-tugas pokok kalau ingin menjadi seorang jurnalis,” ujar Raja Arif Hidayah, mahasiswa D3 Informatika Universitas Sumatera Utara. Ia mengaku tertarik untuk mengikuti pelatihan jurnalistik Metro TV On Campus ini karena ia memiliki keinginan untuk menjadi seorang presenter televisi seperti Sumi Yang. Sumi Yang adalah seorang presenter yang sering membawakan program acara Wide Shot dan Xinwen yang tayang di Metro Tv.

Sementara itu,  Julius Osvaldo selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa acara ini merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkaan oleh para mahasiswa untuk meraih pengetahuan dalam bidang jurnalistik. Julius pun berharap agar media-media di Indonesia turut mendukung dunia pendidikan melalui acara-acara seperti Metro Tv On Campus tersebut.

“Semoga mahasiswa bisa memperoleh informasi  dan wawasan seputar jurnalistik lewat acara ini dan semoga hasil kerjasama Ikatan Mahasiwa Jurusan Ilmu Komunikasi (IMAJINASI) dapat bermanfaat buat para peserta yang hadir,” ujarnya saat ditemui di Pendopo USU (4/3) lalu. [nk/yi]

Leave a comment