Hits: 25

Adelima patricya

Pijar, Medan. Merakee Organizer menyelenggarakan sebuah acara yang bertemakan “Eco-Living: Way To Brighter Future”. Acara bernama Green Gala ini diselenggarakan di taman Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada hari Sabtu (8/6/2024).

Farhan Alvadin Lubis selaku project manager dalam acara ini mengungkapkan tujuan dari diselenggarakannya acara Green Gala. Ia menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kecintaan dan kepekaan anak muda terhadap lingkungan, terutama dalam permasalahan sampah plastik dan cara pengolahannya.

“Sesuai dengan temanya eco-living, sebagai anak muda agar memiliki kecintaan dan kepekaan terhadap lingkungan. Terutama sampah plastik yang menjadi permasalahan utama di indonesia terlebih di kota Medan. Dengan begitu, kita lebih tau lagi bagaimana cara mengolah sampah plastik yang baik dan benar. Dengan workshop yang dilakukan yaitu ecobrick juga menjadi solusi yang paling tepat untuk meminimalisir sampah plastik yang ada,” ujar Farhan.

Green Gala memberikan banyak kegiatan kepada para peserta. Diawali dengan senam dan mengumpulkan sampah organik maupun anorganik di sekitar taman. Selain itu, peserta juga diberikan wawasan terkait eco-living dan ecobrick. Pembicara yang dihadirkan adalah Mayang Sari Yeanny dan Adelia Acasia Bangun yang merupakan tokoh aktif dalam isu permasalahan lingkungan.

Setelah mendengarkan sharing dari pembicara, para peserta kemudian diajak untuk melakukan langsung kegiatan dari ecobrick itu sendiri. Hasil dari kegiatan tersebut adalah sebuah kursi dengan sampah plastik sebagai komponen utamanya.

Green Gala, Tunjukkan Kecintaan pada Lingkungan dengan Kelola Sampah Plastik - www.mediapijar.com
Proses praktik melakukan ecobrick.
(Fotografer: Adelima Patricya)

Dea Fitriana selaku peserta dari acara ini berpendapat bahwa manfaat yang diterima dari acara ini adalah untuk lebih mencintai lingkungan dan mengelola sampah dengan lebih baik.

“Pastinya lebih mencintai lingkungan karena Green Gala ini acara yang mengajak anak-anak muda untuk peduli terhadap lingkungan. Acara ini juga mengajarkan untuk memanfaatkan dan mengolah sampah. Sampah tidak untuk dibuang saja, tetapi bisa dimanfaatkan seperti halnya ecobrick yang sebelumnya sudah dilakukan,” ungkapnya.

Farhan juga mengungkapkan harapannya kepada para perserta. Ia berharap bahwa para peserta dapat cinta terhadap lingkungan dan tetap menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Tentunya, harapannya setelah pulang dari acara Green Gala Merakee Organizer ini, para peserta sudah mempunyai kecintaan terhadap lingkungan. Kalau sudah cinta pasti kita jaga. Peserta juga menjadi lebih tahu lagi cara yang tepat mencintai lingkungan,” ujarnya.

Setelah pemberian hadiah kepada pemenang nominasi yang telah ditentukan, acara ditutup dengan sesi foto bersama.

 

(Redaktur Tulisan: Rani Sakraloi)

Leave a comment