Hits: 10

Siti Nasuha Abidin Damanik

“Setiap komunikasi yang berhasil dan menimbulkan efek berupa perubahan pikiran, perasaan, dan perilaku adalah hypnosis”- Idrus Putra, The Miracle of Hypnotic Persuasion

Pijar, Medan. Apakah Anda sering merasa kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang asing? Dan berpikir bahwa memengaruhi pikiran orang lain merupakan hal yang rumit? Hal tersebut mungkin bisa Anda atasi dengan membaca buku The Miracle of Hypnotic Persuasion.

The Miracle of Hypnotic Persuasion merupakan buku karya Idrus Saputra yang dirilis pada tahun 2016. Buku ini tidak terlalu tebal karena hanya memiliki 200 halaman dan memiliki isi yang ringan untuk dibaca. Pada buku ini, kita akan melihat dan diberitahu berbagai cara untuk memengaruhi pikiran dan alam bawah sadar orang lain.

Di era modern ini, kemampuan berkomunikasi merupakan hal yang sangat penting. Untuk memiliki kemampuan komunikasi yang efektif, diperlukan keinginan untuk mengasahnya. Membaca buku ini dapat menjadi pedoman yang praktis untuk mengasah kemampuan komunikasi yang efektif dengan memengaruhi pikiran alam bawah sadar orang lain, sehingga dapat kita aplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

Komunikasi yang efektif sendiri adalah ketika kita mampu mendapatkan perhatian dari pikiran alam bawah sadar orang lain. Dengan mendapatkan perhatian dari alam bawah sadar orang lain, maka mudah bagi kita untuk memengaruhi dan mengendalikan pikiran orang lain. Buku The Miracle of Hypnotic Persuasion membagi beberapa tahap dalam memengaruhi dan mengendalikan pikiran orang lain.

Tahap pertama adalah menciptakan kesan sebaik dan semenarik mungkin, sebab visual adalah hal pertama yang orang lain lihat sebelum mengenal kita lebih dalam. Lalu, ciptakan suasana yang nyaman dan aman, sehingga lawan bicara tidak menganggap kita sebagai ancaman.

Setelah itu, Idrus Putra juga menjelaskan tahap selanjutnya dalam memengaruhi dan mengendalikan pikiran orang lain, yaitu dengan menciptakan ketertarikan dan menumbuhkan rasa percaya dari orang lain.

“Dengan memahami cara berpikir manusia disertai dengan penggunaan pilihan kata yang tepat, kita dapat menggerakan orang lain mengikuti apa yang kita inginkan tanpa adanya paksaan.” – halaman 76

Kiat terakhir yang diberikan Idrus Putra pada bukunya adalah bagaimana memiliki rasa percaya diri untuk mengaplikasikan tahap-tahap sebelumnya pada kehidupan sehari-hari. Rasa percaya dan yakin pada diri sendiri akan sangat membantu orang lain percaya dan terpengaruh kepada kita. Tentunya rasa percaya diri tersebut dapat kita latih dengan cara merubah isi pikiran kita sendiri.

“Kita tidak dapat membuat orang lain percaya dengan apa yang kita katakan sebelum kita percaya pada diri kita sendiri. Percaya diri meliputi segenap pengetahuan dan juga kemampuan yang ada di dalam diri.” – halaman 142

The Miracle of Hypnotic Persuasion merupakan buku yang dapat Anda baca untuk upgrade kemampuan berkomunikasi Anda secara persuasif dan efektif. Buku ini memberikan kiat-kiat bagaimana rahasia dalam memengaruhi, juga mengendalikan pemikiran orang lain untuk segala kepentingan, seperti hubungan bermasyarakat, bisnis, maupun kepemimpinan.

(Redaktur Tulisan: Alya Amanda)

Leave a comment