Hits: 13

Dea Natalia / Alya Amanda

Pijar, Medan. Ikatan Mahasiswa Kimia Universitas Sumatera Utara (IMK USU) mengadakan seminar dan pelatihan berbicara di depan umum (public speaking). Chemical Public Speaking dilaksanakan di Gedung Serbaguna Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) USU pada Sabtu (16/12/2023).

Aziz Rifanda selaku Ketua Panitia menyampaikan tujuan diselenggarakannya seminar dan pelatihan ini, yaitu untuk menciptakan kedekatan antar sesama peserta dan menyukseskan public speaking. Maksud ini sesuai dengan tema yang diusung, yakni “Got the Chemistry Between You and Audiences to Success Public Speaking”.

“Temanya kan, ‘Got the Chemistry Between You and Audiences to Success Public Speaking’. Nah chemistry kan, bisa dikaitkan dengan kedekatan atau kecocokan, bisa juga mengacu pada bidang ilmu sains, yakni kimia. Jadi, kami merasa tema tersebut cocok dengan tujuan dari acara ini diadakan,” jelasnya.

Acara ini menghadirkan Sida Hadiyati sebagai pemateri dan pelatih public speaking. Pada kesempatan ini, Sida membagi ilmunya dengan mengajarkan beberapa hal dasar yang diperlukan untuk bisa berbicara dengan baik di depan umum.

“Agar bisa public speaking, ada hal dasar yang harus kita miliki, yaitu yang pertama adalah berani, lalu harus sistematis, dan bisa berpengaruh. Berani itu adalah hal penting dalam berkomunikasi. Karena jika tidak berani, maka gagasan Anda akan tetap menjadi gagasan karena tidak pernah tersampaikan,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan cara memengaruhi orang melalui public speaking, yaitu dengan intonasi suara, bahasa tubuh, dan alat media.

“Cara agar orang terpengaruh dan mau menyerahkan seluruh perhatiannya ke kita, yaitu dengan memperhatikan intonasi suara, bahasa tubuh, dan alat media yang kita gunakan dalam public speaking,” tuturnya.

Setelah pemaparan materi, terdapat forum group discussion (FGD) yang dilakukan antar peserta dalam enam kelompok. Masing-masing kelompok diberi sebuah permasalahan, lalu mereka mendiskusikannya untuk dipresentasikan dan dikomentari oleh Sida Hadiyati.

Tak hanya diisi oleh materi dan FGD, acara ini juga menampilkan pembacaan puisi oleh Destia Damai Hati Gea dan penampilan musik oleh Irma Sitohang dan Verianto Pakpahan.

Seminar dan Pelatihan Chemical Public Speaking - www.mediapijar.com
Penampilan puisi oleh Destia Damai.
(Fotografer: Alya Amanda)

Salah satu peserta, Farah Shafiqa, mengaku bahwa wawasannya turut bertambah dengan mengikuti seminar ini.

“Seminarnya bagus, menambah informasi dan wawasan saya karena menghadirkan narasumber yang berpengalaman. Lalu, karena kita langsung praktik, jadi kita langsung mengerti bagaimana sistem atau proses public speaking ini untuk kita,” ucap Farah.

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

Leave a comment