Hits: 36

YOLO.ID

YOLO (You Only Live Once) merupakan sebuah komunitas yang terdiri dari mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sumatera Utara (USU) yang tertarik dengan kepentingan disabilitas. Kesehatan anak disabilitas menjadi sasaran YOLO saat ini karena masih kurang diperhatikan atau bahkan dianggap sebelah mata.

YOLO mengadakan Kampanye Sehat Gigi Mulut secara daring sejak 16 September 2023. Acara puncak dari kampanye ini diadakan secara luring di SLB (Sekolah Luar Biasa) E Al-Azhar Medan pada 25—26 Oktober 2023.

Pada hari pertama, dilakukan sosialisasi kepada orang tua siswa dengan menghadirkan komunitas Masyarakat Peduli Disabilitas Indonesia (MPDI) yang diwakili oleh Arita br. Sitepu sebagai pemateri. Kemudian, disusul Aida Fadillah Darwis, seorang dokter gigi yang juga dosen di Fakultas Kedokteran Gigi USU sebagai pemateri kedua.

“Saya sangat mengapresiasi adik-adik kami YOLO yang mau memperhatikan tentang disabilitas, terlebih lagi sangat jarang mahasiswa yang mengadakan campaign tentang kesehatan gigi dan mulut. Saya berharap ke depannya semakin banyak yang mulai turut memperhatikan kami para penyandang disabilitas,” ucap Arita br. Sitepu.

Acara dilanjutkan dengan materi tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak yang disampaikan oleh Aida Fadillah Darwis. Melalui sesi tanya jawab, para orang tua banyak memberikan pertanyaan seputar kesehatan gigi dan mulut anak disabilitas.

YOLO.ID Adakan Kampanye dan Sosialisasi “Sehat Gigi Mulut” di SLB E Al-Azhar Medan - www.mediapijar.com
Kegiatan pemeriksaan gigi.
(Sumber foto: Dokumentasi Panitia (YOLO.ID))

Pada hari kedua, Kampanye Sehat Gigi Mulut dipandu oleh pemateri yang bekerja sama langsung dengan dokter gigi dari Puskesmas Medan Johor yaitu Ekariny P. Situmorang dan Putri Sari Hutagalung. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 orang siswa SLB Al-Azhar dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

Fokus pada hari kedua ialah sosialisasi langsung terkait merawat gigi yang baik, cara menggosok gigi yang benar, dan praktik langsung menyikat gigi. Kegiatan diakhiri dengan pemeriksaan gigi gratis seluruh untuk seluruh siswa.

“Saya sangat merasa senang karena anak-anak semangat mengikuti arahan dari saya untuk menyikat gigi dengan baik,” ucap Ekariny P. Situmorang.

Kegiatan sikat gigi bersama anak disabilitas diarahkan oleh Ekariny P Situmorang dan Putri Sari Hutagalung serta tim YOLO yang turut membantu para siswa menggosok gigi dengan baik. Acara ditutup dengan kegiatan cap tangan bersama, yang mana setiap siswa melakukan cap tangan pada spanduk yang telah disediakan oleh Tim YOLO.

“Tujuan kami sendiri mengadakan acara ini ialah sebagai bentuk pengabdian kami terhadap masyarakat yang mana kami saat ini sudah menginjak semester 7, kami sebagai mahasiswa juga ingin bisa memberikan energi positif bagi setiap orang. Kita ketahui juga anak-anak disabilitas saat ini masih kurang dipandang, jadi kami ingin sekali adik-adik kami ini mendapatkan hak yang sama terlebih lagi di bidang kesadaran kesehatan gigi dan mulut,” ungkap Egia Adi Oscar Sipayung.

Leave a comment