Hits: 110

Nur Agustilahmi Nasution

Pijar, Medan. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) adalah sebuah kartu identitas yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa. Kartu ini berfungsi untuk bukti yang menunjukkan bahwa seseorang merupakan mahasiswa aktif dan tengah menempuh pendidikan di sebuah perguruan tinggi. Bagi mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU), KTM juga ada sebagai bentuk kebanggaan dan sangat penting untuk dimiliki setiap mahasiswa.

Sayangnya, masih ada mahasiswa angkatan 2022 yang belum mendapatkan KTM hingga bulan September ini. Meskipun begitu KTM sudah dibagikan kepada beberapa mahasiswa, tetapi hanya bagi yang melakukan pembayaran uang kuliah sejak Agustus kemarin melalui virtual account Bank Nasional Indonesia (BNI).

Kendati demikian, masih belum ada kejelasan terkait KTM terhadap mahasiswa yang melakukan pembayaran uang kuliah dari bank selain BNI. Kepala Biro Akademik, Muhammad Zulham Effendi, menjelaskan sampai saat ini KTM dari bank lain masih dalam proses pencetakan hingga nantinya dapat dibagikan kepada mahasiswa USU angkatan 2022.

“Saat ini KTM yang sudah terbit hanya melalui Bank BNI, bank lainnya masih dalam tahap proses. Untuk itu, kami harapkan kepada mahasiswa agar dapat bersabar,” ungkapnya.

Muhammad Zulham Effendi juga mengungkapkan mahasiswa dapat mengakses Kartu Tanda Mahasiswa Sementara (KTMS) melalui tautan (link) registrasi.usu.ac.id.

“Bagi mahasiswa yang memiliki keperluan terkait urusan akademik, tetapi belum mendapatkan KTM agar dapat mengakses KTMS dari sistem informasi akademik. KTMS dapat diakses melalui link registrasi.usu.ac.id,” jelasnya.

KTM angkatan 2022 dicetak melalui empat bank, yaitu BNI, Bank Sumatera Utara, Bank Tabungan Negara (BTN), dan Bank Mandiri. Hal ini berbeda dengan KTM angkatan 2021 yang hanya menggunakan BNI.

Masalah terkait kejelasan dari KTM ini menuai berbagai tanggapan dari mahasiswa. Salah satunya adalah Ainun Hidayati, mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2022.

“Menurutku, sih, sistem pembagian KTM dari USU ini masih banyak kekurangan. Kemungkinan alasan KTM bagi sebagian mahasiswa stambuk 2022 masih belum selesai karena masih ada perbaikan sistem dari pihak sistem informasi USU agar nantinya pengambilan KTM ini dapat dilakukan dengan lancar dan kondusif,” terangnya.

Ketiadaan KTM ini juga membuat mahasiswa angkatan 2022 mengalami kesulitan dalam melakukan beberapa hal, seperti keperluan administrasi, peminjaman buku di perpustakaan, dan kegiatan lainnya.

 

(Redaktur Tulisan: Rani Sakraloi)

Leave a comment