Hits: 55

 Dicky Wahyudi

Pijar, Medan. Ilmu Komputer Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) yang bertajuk “Refactor”. Ospek dilaksanakan selama tiga hari, yakni 26 Agustus, 2 September, dan 9 September.

Orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) sering kali dikonotasikan negatif, karena terkadang dijadikan ajang untuk perpeloncoan senior kepada junior oleh oknum tertentu.  Ilmu Komputer bertekad untuk menepis stigma negatif terhadap ospek tersebut dengan melaksanakan pengenalan kampus yang mengusung kebersamaan, tanpa ada senioritas yang dirasakan oleh para mahasiswa baru.

Refactor USU-mediapijar.com
Sesi interaktif antara pembawa acara dengan para mahasiswa baru
(Fotografer: Dicky Wahyudi)

Pada hari pertama dan kedua, para mahasiswa diberikan pengenalan terhadap lingkungan kampus, pembentukan kelompok serta latihan bakat dan kreativitas mereka yang akan mereka tampilkan pada puncak acara nantinya.

Puncak acara yang berada di hari ketiga dibuka dengan gelar wicara yang menghadirkan Eng Ade Candra, dosen dari Fasilkom-TI sebagai pemateri. Adapun materi yang diangkat dalam gelar wicara ini ialah tentang artificial intelligence (AI).

Gelar wicara tersebut membahas tentang dampak baik dan buruk dari perkembangan teknologi kecerdasan buatan tersebut. Topik ini berhubungan langsung dengan para mahasiswa yang akan menempuh pendidikan dalam bidang ilmu komputer dan teknologi internet itu sendiri.

“Pemateri pada gelar wicara ini yang juga merupakan dosen Fasilkom-TI menjelaskan tentang dampak baik dan buruk mengenai artificial intelligence (AI). Dapat memudahkan dalam mengerjakan tugas, akan tetapi dapat juga disalahgunakan dan digunakan untuk kecurangan oleh pihak-pihak tertentu nantinya,” jelas Jhon Sembiring, Ketua Panitia Refactor.

Jhon juga berharap acara ini dapat mempererat hubungan antara junior dan senior dengan sehat serta menunjukkan bakat mereka.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan mendekatkan junior dan senior tanpa ada perpeloncoan. Lebih menonjolkan bahwa para mahasiswa baru memiliki bakat dan kreativitas yang tinggi sehingga para senior bisa tahu dan kenal dengan mereka,” ucapnya.

Acara juga diisi penampilan hiburan dari bintang tamu seperti Ourel Sinuaji dan Karaokeria. Para mahasiswa baru juga turut berkesempatan menampilkan bakat dan kreativitas mereka di hari ketiga.

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

Leave a comment