Hits: 3

Afriyanti S. A. Br Manjorang / Anggi Yessika Situmorang

Pijar, Medan.  Novel merupakan sebuah karya sastra yang diciptakan oleh seorang penulis, di mana biasanya menceritakan tentang kisah kehidupan seorang tokoh. Di dalam sebuah novel, penulis menuangkan pemikiran-pemikirannya yang kreatif dan imajinatif, kemudian merangkainya hingga membentuk sebuah narasi prosa. Tidak hanya di situ, di dalam sebuah novel terkandung maksud atau pesan yang ingin disampaikan oleh penulis kepada para pembacanya.

Selama ini, kita tahu bahwa sebuah novel penuh berisikan tulisan dengan lembaran halaman yang bisa dibilang cukup banyak, sehingga kita cenderung merasa bosan dan malas untuk membacanya. Apakah Anda sekalian tahu, ternyata ada lho novel yang berisikan gambar di setiap halamannya. Novel jenis ini dapat kita panggil dengan sebutan novel grafis.

Novel grafis atau dalam istilah asing sering disebut dengan graphic novel adalah jenis novel yang berisikan ilustrasi atau gambar yang mendiskripsikan sebuah alur cerita pada novel tersebut. Singkatnya, dapat dikatakan jika novel grafis adalah buku yang mengandung komik. Istilah novel grafis pertama kali muncul di Amerika pada November 1964 oleh Richard Kyle melalui sebuah newsletter untuk para anggota Amateur Press Association.

Sebuah novel terkenal karya Will Eisner tahun 1978 yang berjudul ‘A Contract with God’, merupakan salah satu karya paling awal yang menggunakan istilah novel grafis pada saat itu. Yang selanjutnya diikuti dengan novel grafis terkenal lainnya seperti Marvel Graphic Novel.

Buku Pengalaman Membaca Baru Melalui Novel Grafis, Novel Bergambar Dan Berwarna - mediapijar.com
Contoh Novel Grafis “Silly Gilly Daily” yang ditulis Diana Rikasari dan Ilustrasi oleh Dinda PS
Sumber Foto : gramedia.com

Novel grafis bisa dikatakan cukup menarik, karena melalui ilustrasi yang terdapat di dalam novel grafis, para pembaca dapat lebih mudah memvisualisasi kisah yang ingin disampaikan oleh penulis. Tidak hanya disitu, ilustrasi-ilustrasi pada novel grafis juga dapat membuat para pembaca lebih enjoy atau menikmati waktu mereka ketika membaca novel, sehingga para pembaca tidak merasa bosan untuk menyelesaikan novel yang sedang mereka baca.

Ilustrasi yang terdapat didalam novel grafis sendiri ada yang merupakan hasil karya sang pengarang secara langsung dan ada juga yang diciptakan oleh pihak pihak tertentu. Salah satu novel grafis yang ilustrasinya diciptakan langsung oleh pengarangnya yaitu Silly Gilly Daily oleh Naela Ali dalam bahasa Inggris. Novel ini menceritakan tentang keseharian Gilly, gadis introvert lulusan jurusan seni dan desain dalam menjalani hari harinya selama masa pandemi. Setiap halaman novel ini didominasi oleh gambar dan warna yang condong ke earth tone, sehingga kita merasa nyaman ketika membaca novel ini.

Terdapat juga novel grafis di mana ilustrasi ilustrasinya dibuat oleh pihak ketiga, dalam artian pengarang hanya berperan untuk menulis skrip cerita saja dan untuk urusan ilustrasi diserahkan kepada pihak lain. Di sini, pengarang novel dan seorang illustrator akan berkolaborasi bersama dalam menciptakan novel grafis. The Orange Leaf Girl, contohnya. Rinda Maria Gempita menjadi pengarang dan Wickana Laksmi Dewi menjadi ilustratornya.

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

Leave a comment